5 Rockstar Wanita dengan Pengaruh Kuat di Industri Musik

Nizar Zulmi08 Mar 2019, 16:08 WIB
Rocker Wanita

Fimela.com, Jakarta Musik rock merupakan salah satu genre yang paling populer setelah pop. Rock menjangkau pendengar yang universal dan tak se-cheesy musik pop yang tak jarang dapat cibiran sebagai musik pasar.

Genre ini juga ramai di Amerika Serikat yang melahirkan banyak musisi hebat. Negeri Paman Sam juga memiliki sejarah panjang di genre rock dari dulu hingga sekarang.

Potret Kolaborasi 2 Generasi antara Joen Jett dan Miley Cyrus
Miley Cyrus dan Joan Jett

Meski identik dengan musik keras yang digandrungi para pria, rock juga diwarnai hadirnya para musisi wanita. Bahkan beberapa dari mereka sukses jadi ikon dan membawa perubahan besar di industri.

Tak cuma feminin, wanita juga bisa menunjukkan jati dirinya sebagai seorang rockstar seperti para musisi wanita berikut ini. Siapa saja mereka?

Janis Joplin

Janis Joplin
Janis Joplin (Foto: www.wonderingsound.com)

Janis Joplin merupakan salah satu rocker wanita paling berpengaruh di perkembangan industri musik. Sosoknya hadir sebagai pematah stereotype jika penyanyi  wanita hanya cocok dengan musik pop, jazz atau folk.

Janis jadi musisi yang diperbincangkan saat dirinya tampil di Woodstock tahun 1969 lalu. Sayangnya sosok ikonik ini meninggal di 1970 karena overdosis obat-obatan terlarang.

Joan Jett

Potret Kolaborasi 2 Generasi antara Joen Jett dan Miley Cyrus
Joan Jett

Berlanjut ke era awal 70an, sosok lain yang patut diperhitungkan adalah Joan Jett. Sempat memulai kariernya sebagai member The Runaways, kariernya justru melonjak saat ia membentuk bandnya sendiri, Teh Blackhearts.

Joan Jett banyak membawakan lagu-lagu hard rock hingga punk. Selain itu ia juga memiliki ambisi lain sebagai produser, aktris dan penyiar radio.

Stevie Nicks

Stevie Nicks
Stevie Nicks (Billboard)

Reputasi karier Stevie Nicks selama ini mungkin masih agak mengganjal di kalangan penikmat musik. Ia diduga sebagai salah satu selebritis yang mempercayai dan menggunakan ilmu hitam.

Meski begitu tidak disangkal vokalis Fleetwood Mac ini jadi front-woman yang disegani di industri musik. Ia pun menjaga produktivitasnya dengan mengoleksi 16 abum studio sebagai solois. Keren!

Avril Lavigne

[Bintang] Metamorfosa Avril Lavigne
Metamorfosa Avril Lavigne (Foto: AFP/Digital Imaging: M. Iqbal Nurfajri/Bintang.com)

Nama berikutnya mungkin lebih failiar di kalangan generasi Y. Dia adalah Avril Lavigne, ikon musik 2000an yang sempat diterpa beberapa kontroversi.

Salah satunya adalah ketika ia dikabarkan telah meninggal dan digantikan dengan orang lain dengan wajah identik. Mengusung semangat punk dan rock, Avril menjaring banyak penggemar di era jaya MTV di negara-negara Asia.

Amy Lee

Amy Lee Evanesence
Amy Lee `Evanesence` (Foto: thedeadhub.com)

Amy Lee juga memiliki popularitas yang tak kalah di generasi 90 hingga 2000an. Ia dikenal sebagai vokalis grup band Evanescence. Suaranya yang khas jadi kekuatan utama, di samping daya pikatnya yang indah nan misterius.

Itulah beberapa penyanyi rock wanita dengan pesona yang tak tergantikan. Siapa sosok yang paling kamu idolakan nih? Share di kolom komentar ya.

Lanjutkan Membaca ↓