5 Tips Buat Kamu yang Ingin Eksis Cover Lagu di Medsos

Nizar Zulmi14 Mar 2019, 08:08 WIB
Cover Lagu Maroon 5 Paling Manis untuk Segarkan Puasamu

Fimela.com, Jakarta Dunia social media dijejali dengan beragam konten menarik. Salah satunya adalah video cover lagu yang jadi alternatif menarik bagi pecinta musik di era sekarang.

Tak cuma untuk menyalurkan hobi nyanyi, cover lagu juga bisa menambah eksistensi di dunia maya. Bahkan cukup banyak artis ternama yang mengawali sukses dari video cover yang mereka unggah.

Resolusi Charlie Puth di 2016
Charlie Puth mulai dilirik berkat cover lagu

Membuat sebuah video cover lagu tentunya butuh persiapan matang agar bisa maksimal. Apalagi dengan makin ramainya pengguna social media, upaya membuat video terlihat dan terdengar bagus adalah kunci.

Berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan jika ingin membuat cover lagu di social media. Ready to start?

2 of 6

Buat Konsep yang Spesifik

Azry, Bocah Cilik yang Booming Setelah Cover Lagu Kehilangan Milik Firman
Azry (Dok. Istimewa)

Pertama yang harus dipikirkan tentunya adalah konsep. Mulai dari dekorasi, alat yang digunakan hingga nuansa yang ingin disampaikan harus dirancang terlebih dulu.

Setelah jadi gambaran umum, mulailah masuk ke detail kecil seperti kalimat opening atau closing. Kalau perlu buatlah catatan agar proses syuting makin lancar.

3 of 6

Berani Beda

Walk off The Earth
Walk off The Earth cover lagu Shape of You

Bagaimana cara membuat karya yang bisa dinotice banyak orang? Selain berkualitas, tentunya juga harus beda. Ini yang akan jadi karakter atau identitas kamu, alasan orang ingin menonton videomu.

Sebagai contoh, Walk Off The Earth selalu punya konsep ajaib dalam aransemen, dan gimmick sempurna dengan kehadiran (mendiang) Beard Man. Beda di sini juga bisa diterapkan dalam mengolah lagu agar beda dari aslinya, tapi jangan berlebihan. Jaga pada porsinya.

4 of 6

Live Vs Edit

Makin Dewasa, Intip 6 Cover Lagu K-Pop Teranyar Sungha Jung!
Sungha Jung

Mulai masuk ke teknis, kamu harus rencanakan apakah kamu akan tampil secara live atau tidak. Selain live nyanyi dan main musik, kamu juga bisa minus one seperti karaoke, atau lipsync sekalian.

Masing-masing metode akan menentukan alat apa saja dan teknik seperti apa yang akan ditampilkan. Tidak ada mana yang terbaik, asal dikonsep dengan cantik, videomu akan jadi keren.

5 of 6

Maksimalkan yang Ada

Cara Menyetel Gitar Ukulele
Cover lagu (Sumber: iStockphoto)

Hal yang satu ini kerap jadi kendala, atau juga excuse bagi seseorang untuk menunda-nunda proses berkarya. Yap, faktor alat seringkali jadi kambing hitam, karena anggapan video keren harus dengan alat mahal masih sering jadi beban pikiran.

Maksimalkan apa yang ada, apalagi di zaman sekarang ponsel pintar sudah bisa melakukan banyak hal. Setidaknya butuh sebuah smartphone dan alat musik, kamu sudah bisa membuat video cover lagu. Semua butuh proses kok.

6 of 6

Perlu Kepekaan

[Fimela] Hanin Dhiya
Hanin Dhiya, salah satu artis yang covernya dinantikan (Deki Prayoga/Fimela.com)

Faktor pemilihan lagu sangat penting, meski bukan sepenuhnya menentukan. Mengcover lagu yang terlalu populer kadang cukup tricky, bisa membuat videomu lebih dicari, atau justru tenggelam karena banyaknya pesaing.

Butuh kepekaan untuk memilih lagu, atau setidaknya mengaransemen lagu dengan karaktermu. Selain itu kamu juga harus peka bahwa saat mengunggah cover lagu harus menuliskan kredit penulis lagu, dan tidak sembarangan mengkomersilkan videomu tanpa persetujuan sang pemegang hak cipta.

Nah, sekarang saatnya kamu tunjukkan pesonamu!

Lanjutkan Membaca ↓