Beli Fox, Disney Gelontorkan Dana Senilai 189 Kali Film Termahal Sedunia

Puput Puji Lestari20 Mar 2019, 17:45 WIB
Walt Disney World Orlando ( Foto: Therichest.com )

Fimela.com, Jakarta Disney telah mengeluarkan pernyataan resminya atas kesepakatan merger dengan studio Fox 21th Century. Biaya yang dikeluarkan Disney untuk akusisi Fox langsung viral karena jumlahnya yang fantastis, US$ 71 miliar.

Jika dirupiahkan harganya sama dengan Rp 1 Kuadriliun. 1 Kuadriluiun sama dengan 1.000 trilyun. Penulisan nol di belakang angka 1 mencapai 18 nol. Masih sulit membayangkan uang sebanyak itu?

 

Pirates-of-the-Caribbean-Johnny-Depp
Johnny Depp di Film Pirates of the Caribbean (Peter Mountain / Disney via AP)

Mari kita bandingkan dengan biaya produksi film termahal di dunia. Berdasarkan laporan dari Wall Street Journal, film termahal di dunia adalah Pirates of the Caribbean: On Stranger Tides yang menghabiskan total biaya US$ 375 juta atau sekitar Rp 5,2 triliun.

Jika jumlah US$ 71 miliar dibagi dengan biaya produksi Pirates of the Caribbean: On Stranger Tides maka akan menghasilkan lebih dari 189 kali. Mengapa Disney bersedia mengeluarkan uang sebanyak itu?

 

Karena yang dibeli meliputi Twentieth Century Fox, Fox Searchlight Pictures, Fox 2000 Pictures, Fox Family, dan Fox Animation. Selain studio, saluran televisi Fox, Twentieth Century Fox Television, FX Productions, Fox21, Jaringan FX, National Geographic Partners, Fox Networks Group International, dan sejumlah aset Fox di jaringan streaming Hulu juga resmi berada dibawah kendali Disney.

"Ini adalah momen yang luar biasa dan bersejarah bagi kami, yang akan menciptakan nilai jangka panjang yang signifikan bagi perusahaan kami dan pemegang saham kami," kata CEO Disney Bob Iger dikutip dari Variety.

 

Raksasa Media

Star Wars: The Last Jedi
Star Wars: The Last Jedi. (timeincuk.net)

Kesepakatan ini juga menyatukan waralaba termasuk Cinderella, The Simpsons, dan Star Wars di bawah satu atap perusahaan untuk menciptakan raksasa media dengan skala yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Mereka berencana untuk meluncurkan layanan streaming baru Disney Plus akhir tahun ini untuk menantang Netflix untuk berbagi pemirsa di masa depan. Sebelum pengambilalihan, Disney sudah memiliki katalog konten yang kuat, termasuk kartun klasiknya, Star Wars, dan banyak karakter Marvel.

Deadpool

Deadpool 2
Deadpool 2. (20th Century Fox)

Setelah membeli Fox, itu akan dapat menambahkan orang-orang seperti X-Men dan Deadpool ke portofolio Disney untuk menandingi Netflix dan Amazon. Bahkan Deadpool mengenakan topi Mickey untuk merayakan akusisi ini.

“Menggabungkan kekayaan Disney dan 21st Century Fox dari konten kreatif dan bakat yang telah terbukti menciptakan perusahaan hiburan global yang unggul, memiliki posisi yang baik untuk memimpin dalam era yang sangat dinamis dan transformatif," kata Bob Iger.

Lanjutkan Membaca ↓