4 Dampak Langsung Akuisisi Fox oleh Disney

Puput Puji Lestari21 Mar 2019, 06:45 WIB
Film Disney

Fimela.com, Jakarta Disney resmi mengakusisi Fox dengan dana USD 71 Milyar. Kesepakan ini menjadi sejarah baru bagi Disney.

"Ini adalah momen yang luar biasa dan bersejarah bagi kami, yang akan menciptakan nilai jangka panjang yang signifikan bagi perusahaan kami dan pemegang saham kami," kata CEO Disney Bob Iger dikutip dari Variety.

 

Fox
Fox diakuisisi Disney

Kabar pembelian aset Fox oleh Disney ini awalnya berembus sejak bulan November lalu, namun menemui kesepakatan buntu. Awal bulan Desember ini kembali beredar kabar bahwa Disney kembali melanjutkan proses akuisisi aset Fox, hingga akhirnya pembelian tersebut disetujui.

Penyatuan ini membawa perubahan signifikan di Hollywood. Berikut 4 dampak langsung akuisisi Fox oleh Disney.

 

2. Platfom Streaming Raksasa

Walt Disney World Orlando ( Foto: Therichest.com )
Walt Disney World Orlando ( Foto: Therichest.com )

1. Penyatuan Waralaba Film

Kesepakatan ini menyatukan waralaba termasuk Cinderella, The Simpsons, dan Star Wars di bawah satu atap perusahaan untuk menciptakan raksasa media dengan skala yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Para pahlawan super milik Marvel Studio, yang merupakan anak usaha Disney, seperti X-Men hingga Fantastic Four bisa tampil di saluran streaming milik Disney. Karena yang dibeli meliputi Twentieth Century Fox, Fox Searchlight Pictures, Fox 2000 Pictures, Fox Family, dan Fox Animation.

 

Usai akuisisi, Disney berencana untuk meluncurkan layanan streaming baru Disney Plus akhir tahun ini untuk menantang Netflix untuk berbagi pemirsa di masa depan. Sebelum pengambilalihan, Disney sudah memiliki katalog konten yang menakutkan, termasuk kartun klasiknya, Star Wars, dan banyak karakter Marvel.

Sekarang Fox21, Jaringan FX, National Geographic Partners, Fox Networks Group International, dan sejumlah aset Fox di jaringan streaming Hulu juga resmi berada dibawah kendali Disney. Disney juga menggandakan 30% sahamnya dalam layanan streaming Hulu, menjadikannya pemegang saham terbesar. Disney pun kini bisa bersaing dengan aplikasi streaming lainnya, seperti Netflix hingga Amazon Prime.

 

3. Peta Hollywood Berubah

20160427-Rambu 'No Trump Anytime' Hebohkan Jalanan Hollywood-California
Jalan utama dekat Bukit Hollywood (Robyn BECK/AFP)

Langkah ini langsung memotong jumlah studio Hollywood utama, mengakhiri era Enam Besar. Warner Bros, Universal, Sony Pictures dan Paramount Pictures sekarang menjadi Lima Besar dengan Disney.

 

4. Pemangkasan Pekerja

Mickey dan Minnie Mouse
Mickey dan Minnie Mouse (Foto: Vinsensia D)

Akuisisi Fox oleh Disney juga menimbulkan keraguan besar atas pekerjaan ribuan pekerja yang berpotensi, dengan para ahli memperkirakan sebanyak 4.000 posisi dapat dipangkas. Namun, rumor ini masih belum ada kejelasan.

Murdoch, mantan miliarder pemilik co-chairman eksekutif 21st Century Fox, menulis surat kepada karyawan dua hari sebelum pengambilalihan diselesaikan, berterima kasih kepada mereka atas pekerjaan mereka. Beberapa properti Fox lainnya, termasuk bisnis berita dan olahraga, telah dipisah menjadi Fox Corporation yang baru dibentuk.

Lanjutkan Membaca ↓