Tekad Kuat Hamish Daud Jaga Kelestarian Laut Demi Anak

Rivan Yuristiawan09 Apr 2019, 10:24 WIB
Hamish Daud

Fimela.com, Jakarta Kepedulian Hamish Daud terhadap kelestarian laut di Indonesia tak perlu diragukan lagi. Sebagai bukti cintanya pada laut, ia dan beberapa rekannya baru saja mendirikan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) bernama Ocean Pride guna melestarikan alam bawah laut di Indonesia.

Selain bukti cintanya terhadap laut, pria 39 tahun itu mengakui niatannya untuk menjaga laut di Indonesia sebagai bentuk cintanya pada sang buah hati, Zalina Raine Wyllie. Saat besar nanti, Hamish Daud berharap Zalina bisa menikmati keindahan laut Indonesia seperti apa yang ia rasakan saat kecil.

[Fimela] Hamish Daud
Hamish Daud. (Rivan Yuristiawan/Fimela.com)

"Saya besar di laut, saya besar di Sumba sama di Bali. Saya pernah lihat indahnya laut, dan dalam 30 tahun ini, saya lihat kerusakannya. Saya nggak tega kalau sampai nanti anak saya nggak bisa lihat keindahannya lagi," ucap Hamish Daud di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Lewat organisasi yang dibuat, ditambah dengan dukungan pemerintah, suami dari Raisa tersebut pun berharap akan semakin banyak masyarakat yang peduli dengan konservasi laut.

[Fimela] Hamish Daud
Hamish Daud. (Rivan Yuristiawan/Fimela.com)

"Saya pikir satu orang nggak akan bisa mengubah, target saya untuk mengembalikan orang lagi ke laut. Karena kan kita negara maritim, kita bisa merangkul ribuan orang untuk bisa mencintai laut lagi," tuturnya kemudian.

Menurut Hamish Daud, sebenarnya tak sulit bagi masyarakat untuk menunjukkan kecintaannya terhadap keindahan laut di Indonesia. Cara paling sederhana adalah mengurangi pemakaian tas berbahan plastik dan menggantinya dengan tas yang terbuat dari bahan yang mudah di daur ulang.

"Jangan pakai tas plastik, pakai tas daur ulang. Matiin lampu. Hal kecil seperti itu sih. Semua kegiatan kecil itu ngebantu," pungkas Hamish Daud.