Aksi Dian Sastrowardoyo Rampok Kantong Plastik

Anto Karibo15 Apr 2019, 20:24 WIB
Dian Sastrowardoyo

Fimela.com, Jakarta Sebuah aksi peduli lingkungan dilakukan oleh Dian Sastrowardoyo bersama teman-temannya. Mereka melakukan aksi tersebut sebagai wujud 'perang' terhadap penggunaan kantong plastik yang masih marak.

"Hari ini #pertemanansehat dan #sahabatdisas ikut aksi #rampokplastik bersama @sejauh_mata_memandang dan Diet Kantong Plastik @iddkp!" tutur Dian Sastrowardoyo di laman Instagramnya, therealdisastr baru-baru ini.

Dian Sastrowardoyo
Dian Sastrowardoyo rampok plastik (Instagram/therealdisastr)

Dalam aktivitas yang dilakukan di kawasan jalan Sudirman tersebut, pemeran film Ada Apa dengan Cinta? ini berhasil mengumpulkan 1000 kresek dalam waktu 30 menit. Ia pun menukar kantong plastik dengan tas guna ulang.

"Hari ini beberapa orang yang masih bawa kantong plastik, kita 'rampok' kreseknya dan kita tukar dengan tas guna ulang. Nggak nyangka banget! baru jalan 30 menit, sudah terkumpul sekitar 1000 kresek," ujarnya.

Dian Sastrowardoyo menambahkan jika kantong plastik ini akan didaur ulang. "Sampah kresek terkumpul ini akan dibuat jadi karya instalasi seni oleh @sejauh_mata_memandang nanti mulai 22 April. Nantikan jangan lupa hadir yaa," imbuhnya.

Jarang Didaur Ulang

Dian Sastrowardoyo
Dian Sastrowardoyo rampok plastik (Instagram/therealdisastr)

Dian mengatakan bahwa plastik kresek ini jarang yang didaur ulang. "Tahu ngga sih ternyata kresek itu jarang didaur ulang karena sulit, materinya terlalu tipis dan ringan," papar Dian Sastrowardoyo.

Dari 4 trilyun kresek yang dipakai setiap tahun di dunia, hanya 1 persen yang terdaur ulang. "Sisanya? Numpuk di Tempat Pembuangan Akhir, tertiup angin, terbuang ke sungai, ke laut, dimakan hewan laut sampai membunuh penyu laut, paus dan ikan-hoki yang biasa kita makan juga," tambahnya.

Stop Pakai Plastik

Dian Sastrowardoyo
Dian Sastrowardoyo rampok plastik (Instagram/therealdisastr)

Karenanya, Dian Sastrowardoyo pun mengajak kepada masyarakat agar mengurangi atau sekaligus menghentikan penggunaan sampah plastik bagi keberlangsungan lingkungan hidup.

"Jadi sudah saatnya kita nggak berpikir "ah ada yang beresin nanti sampahnya". Kita mesti mulai STOP penggunaan kresek, toh ngga butuh-butuh amat kan?" tandasnya.

Lanjutkan Membaca ↓