Ayah Membaik di Malaysia, Jessica Iskandar Geram dengan Perlakuan Dokter Indonesia

Anto Karibo18 Apr 2019, 17:24 WIB
[Fimela] Jessica Iskandar

Fimela.com, Jakarta Jessica Iskandar akhirnya mengucap syukur setelah masa menegangkan bagi ayahnya sudah terlewati. Seperti diceritakan sebelumnya, sang ayah telah menjalani serangkaian operasi namun ternyata gagal dan tak berimbas baik padanya.

Selanjutnya, Jessica pun membawa sang ayah ke Penang, Malaysia. "Bersyukur sujud kepada Tuhan, papaku segar pulang kembali dari rumah sakit di Penang sore ini. Bisa duduk bisa berdiri," tutur Jessica di laman Instagramnya, inijedar.

Namun, Jessica akhirnya menyadari bahwa apa yang terjadi pada ayahnya merupakan hal yang di luar nalar. Hal itu diketahuinya dari dokter yang menangani ayahnya di Negeri Jiran tersebut terkait ragam penanganan medis di Indonesia.

Jessica Iskandae
Jessica Iskandar (Instagram/inijedar)

"Namun ada hal yang sangat biadab dan jahat yang dialami ketika berada hampir sebulan dirawat di salah satu rumah sakit di Jakarta. Mendengar cerita yg dialami papa di Jakarta, Dokter di Penang geleng-geleng kepala mengenai apa yang dialami papaku," lanjutnya.

Kekasih Richard Kyle ini melanjutkan ceritanya. "Gagal dioperasi 4 kali (selalu ditakut-takuti dokter untuk selalu ambil tindakan) namun keempat operasi yang gagal selalu ada alasan ini itu dari dokter," imbuhnya.

"Pertama kali operasi dimasukin 6 kali alat ke kemaluan papaku (gagal) kedua perut papaku di belek 15CM dibuka ureternya (gagal) ketiga di bius untuk ditembak 2 kali dilakukan dalam 3 hari (gagal juga) batu masih ada di dalam ginjal pada saat itu," papar Jessica Iskandar.

2 of 3

Ditakut-takuti

[Fimela] Jessica Iskandar dan Richard Kyle
(Instagram/inijedar)

Sebagai pihak keluarga, Jessica mengaku kebingungan dengan ragam penanganan yang tak maksimal dan selalu terkesan menakut-nakuti pasien. Juga adanya penjelasan yang tak bisa diberikan sepenuhnya.

"Ketika mau CT scan, kami ditakuti bila CT scan lagi bisa kanker. Perlakuan rumah sakit Jakarta yang lelet dan kurangnya penjelasan dokter sungguh sangat membingungkan keluarga. Dokter Jakarta cuma bilang kita ga tanggung jawab kalau tidak operasi sekarang. Setiap ada operasi begitu. Selalu ditakuti," tegasnya.

3 of 3

Harga Mahal

[Fimela] Jessica Iskandar dan Richard Kyle
Jessica Iskandar dan Richard Kyle

Jessica mengatakan bahwa selama sebulan dirawat, sang ayah sudah menghabiskan dana sampai Rp 500 juta. "Hampir sebulan dirawat di rumah sakit di Jakarta, habis setengah milyar. Malam ini baru balik dari Penang, hanya 2 hari di sana, Papa sudah disuruh pulang oleh dokter Penang," ujarnya.

Dibandingkan di Jakarta, pelayanan dokter di Penang sangat berbeda. "Karena dokter ngejelasin dengan jelas dan tindakan selalu akurat, cepat dan detail. Thank you rumah sakit Penang. Biayanya juga murah jauh. Bahkan pasien lain yang ke Penang juga mengutuk perlakuan rumah sakit di sini. Aku nangis denger cerita-ceritanya. Ya Tuhan berikanlah keadilan untuk kami. Bagaimana menurut kalian?" tandas Jessica.

Lanjutkan Membaca ↓