Sukses

Entertainment

4 Kesan Laudya Cynthia Bella Ketika Jadi Perempuan Baduy di Film Ambu

Fimela.com, Jakarta Aktris Laudya Cynthia Bella kembali bermain dalam sebuah film layar lebar. Beradu akting dengan aktris senior, Widyawati, perempuan berhijab itu menjadi pemeran utama untuk film berjudul Ambu.

Film Ambu rencananya akan tayang di bioskop mulai 16 Mei 2019 mendatang. Film yang disutradarai oleh Farid Dermawan tersebut menceritakan tentang Ambu Misnah (Widyawati) yang ditinggal anak perempuan satu-satunya, Fatma (Laudya Cynthia Bella).

Fatwa pergi dari rumah mereka di Baduy demi cinta. Sampai pada suatu hari, Fatma membawa putrinya, Nona (Lutesha) pulang ke Baduy yang berujung pada penolakan oleh Ambu Masnah.

 

Bermain di film produksi Skytree Pictures itu nyatanya meninggalkan kesan tersendiri bagi istri Engku Emran tersebut. Hal tersebut pun ia sampaikan saat menghadiri press screening film Ambu di XXI Plaza Senayan, Rabu (1/5/2019).

Dalam film Ambu, Bella mendapat peran sebagai Fatma, perempuan asal Baduy yang pergi ke Jakarta pasca menikah. Menurutnya, film Ambu memberikan banyak pelajaran terhadap dirinya terkait budaya suku baduy yang diangkat. Berikut 4 kesan Laudya Cynthia Bella ketika jadi perempuan Baduy di film Ambu.

 

1. Memahami Budaya Baduy

"Disini saya memerankan orang Baduy, saya masih muda dan anak saya sudah besar. Aku dijelasin (di Baduy), usia 14 tahun sudah dinikahkan. Jadi aku terima film ini, yang memang beda sama film aku sebelumnya," ujar Laudya Cynthia Bella.

Dalam ceritanya, Fatma (Bella) merupakan anak dari Ambu (Widyawati) dan memiliki satu anak perempuan bernama Nona (Lutesha). Fatma yang lama hidup di Jakarta tiba-tiba memutuskan mengajak sang putri untuk pulang ke kampung halamannya di Baduy untuk meminta maaf pada Ambu atas kesalahan yang dilakukan di masa lalu.

"Saya jadi ibu dan anak yang punya salah sama Ambunya," tutur Bella kemudian.

 

2. Syuting di Baduy

Sesuai cerita yang mengangkat budaya Baduy, proses syuting film Ambu sebagian besar dilakukan di daerah yang masuk dalam kabupaten Lebak, Banten. Sekitar 2 minggu menjalani proses syuting, mantan kekasih Raffi Ahmad itu pun menyimpan kesan terhadap lokasi yang baru pertama kali ia kunjungi.

"Menarik, menarik suasananya karena menurut aku kalau misalnya aku nggak syuting di Baduy, kayaknya aku nggak tahu gimana caranya untuk sampai ke sana. Alhamdulillah karena film Ambu akhirnya aku banyak pelajaran yang didapat," terangnya.

Tak hanya melakukan proses syuting, Bella dan tim produksi yang lain pun akhirnya ikut berbaur dengan masyarakat sekitar. Warga Baduy Luar yang menjadi lokasi pengambilan gambar menurut Bella masih sangat memegang teguh ada istiadat leluhurnya sampai sekarang.

"Bagaimana mereka hidup di sana, bagaimana mereka benar-benar mempertahankan kelestarian alam mereka. Mereka tidak menggunakan alat kimia, jadi menurut aku syuting di sana banyak banget pelajarannya," papar Bella.

 

3. Suasana Kekeluargaan

Tak hanya memegang teguh tradisi leluhur, Bella juga mengatakan masyarakat Baduy Luar memiliki jiwa kekeluargaan yang sangat tinggi.

"Menurut aku mereka (masyarakat Baduy) sangat kekeluargaan sekali. Kita lagi break syuting, terus kita ngumpul rame-rame ngumpul. Kalau misalnya udah malam anak-anak daerah sana di panggilin terus kita nyanyi, jadi menurut aku kekeluargaan sekali. Dan di sana kita benar-benar fresh banget, yang bangun subuh mandi langsung dari air sungai jadi enak banget deh," jelas Bella.

 

4. Hidup Tanpa Handphone

Lokasinya yang berada di pedalaman pun memaksa Bella dan para tim yang lain untuk hidup selama 2 minggu tanpa handphone. Bukan risih, namun personel grup BBB itu malah mengaku sangat menikmati momen tersebut.

"Aku waktu pas dari awal kita udah kasih tahu di sana nggak ada sinyal, jadi ya emang udah siap aja handphone dipakai cuma buat foto, kadang-kadang juga nggak dibawa," pungkas Laudya Cynthia Bella.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading