4 Band Indonesia yang Piawai Tulis Lagu-Lagu Religi

Nizar Zulmi08 Mei 2019, 17:08 WIB
[Bintang] Band Ungu

Fimela.com, Jakarta Lagu religi jadi salah satu penanda yang menguatkan suasana di bulan Ramadan. Beberapa band atau penyanyi pop kerap merilis karya religi untuk menyambut bulan suci bagi umat Islam.

Mendengar term lagu religi tentunya tak selalu identik dengan bahasa Arab atau aransemen yang berbau timur tengah, Pengemasannya juga bisa disesuaikan dengan zaman atau aransemen yang lebih umum di masyarakat.

[Bintang] Wali Band
Berbeda dengan personil lain, vokalis Faank menjalani ibadah umrah ke Tanah Suci Makkah dan baru pulang setelah lebaran. (Galih W. Satria/Bintang.com)

Di Indonesia cukup banyak band yang mengeluarkan lagu atau bahkan album religi. Dengan karakter yang dimiliki, pesan-pesan religius dan positif bisa tersampaikan dengan cara yang lebih ngepop.

Berikut sejumlah grup musik yang piawai menulis atau membawakan ulang lagu-lagu religi.

Ungu

[Bintang] Ungu Band
Preskon Ungu Band (Adrian Putra/Fimela.com)

Band pop yang tenar di awal 2000an ini dikenal piawai membuat lagu dalam berbagai genre. Mulai dari ballad, rock hingga religi, karya-karya Ungu mendapat apresiasi positif dari penikmat musik.

Di tahun 2019 sendiri, Ungu yang sempat vakum karena ditinggal Pasha hadir dengan single baru. Lagu ini berjudul Hasbunallah sebagai tanda comeback Ungu dengan formasi penuh.

Wali

[Bintang] Wali Band
Wali Band (Nurwahyunan/Fimela.com)

Bicara band yang kerap membuat lagu religi, Wali termasuk salah satu yang konsisten. Image sebagai band lulusan pesantren makin mendukung musikalitas mereka dalam membuat lagu Islami.

Faang dan kawan-kawan juga cukup konsisten dengan rilisan lagu religinya, yang bahkan kesuksesannya menandingi lagu-lagu pop mereka.

GIGI

[Bintang] Band Gigi
GIGI (Nurwahyunan/Fimela.com)

GIGI menancapkan tajinya sebagai salah satu band solid di Indonesia. Bukan berarti tak pernah ganti personel, GIGI masih cukup produktif dalam berkarya dan sepi dari gosip-gosip negatif.

Meski sang gitaris, Dewa Budjana memiliki agama yang berbeda tak menghalangi GIGI membuat karya religi. Justru input yang diberikan Budjana membuat lagu-lagu yang selama ini familiar jadi sesuatu yang unik dan berkarakter, seperti Pintu Sorga atau Keagungan Tuhan.

D'Masiv

D'Masiv feat Shakira Jasmine
D'Masiv feat Shakira Jasmine (Dok Musica)

Lagu-lagu galau jadi salah satu ciri khas D'Masiv sepanjang kariernya. Namun di sisi lain mereka juga menunjukkan sisi lain saat merilis lagu-lagu religi atau yang bersifat ketuhanan.

Rindu Rasul, Taman Surgamu, dan Doa, single terbarunya di tahun 2019 jadi bukti D'Masiv punya musikalitas yang luwes. 

Lanjutkan Membaca ↓