5 Musisi Sidestream Korea Selatan yang Karyanya Perlu Kamu Dengar

Nizar Zulmi10 Mei 2019, 20:08 WIB
Hyukoh

Fimela.com, Jakarta Industri musik Korea Selatan tersohor berkat K-Pop yang menyebar cepat bak virus. Tak hanya jadi komoditas ecek-ecek, bisnis musik mereka mendatangkan profit berjumlah besar.

Namun skena musik di Korsel bukan hanya apa yang diberitakan media-media mainstream. Mereka punya banyak mutiara terpendam yang menunggu untuk ditemukan para penikmat musik.

[Bintang] Epik High
Epik High (papermag.com)

Di Korea, musik RnB, jazz dan indie rock tumbuh cukup subur. Meski bermain di ranah sidestream, eksistensi mereka tak bisa dipandang sebelah mata. Bahkan tak kalah dari geliat musik indie layaknya di Indonesia.

Jika kamu saat ini termasuk fans K-Pop mainstream, itu sama sekali tak masalah. Namun ada baiknya kamu juga mulai berkenalan dengan sisi lain yang tak kalah keren berikut.

Zion T

[Bintang] 7 Lagu K-pop yang Terinspirasi dari Pengalaman Hidup Sang Artis
Zion T. (Foto: soompi.com)

Beberapa dari kalian mungkin sudah kenal atau setidaknya pernah mendengar nama Zion T. Ia memiliki karakter suara yang khas, dengan genre musik RnB yang memanjakan telinga.

Zion T awalnya bergelut sebagai rapper, sebelum kini berfokus sebagai penyanyi dan pencipta lagu RnB. Ia juga pernah berkolaborasi dengan Seulgi Red Velvet di lagu Hello Tutorial yang mungkin membuatmu tertarik dengannya.

Hyukoh

[Bintang] Hyukoh
Hyukoh (Instagram/hyukoh2000)

Band yang satu ini dikenal dengan musik dan live performance-nya yang agresif. Hyukoh menawarkan musik yang cocok untuk penikmat lagu-lagu rock, dan pecinta indie alternatif.

Bahkan IU menjadi salah satu penggemar berat Hyukoh. Band asal Hongdae ini juga pernah menggelar konser di Indonesia dan ternyata fans mereka cukup banyak di tanah air.

Akdong Musician

[Bintang] Akdong Musician
Akdong Musician (via Kpopmusic.com)

YG Entertainment selama ini dikenal dengan deretan grupnya yang sukses besar. Namun mereka juga memiliki duo kakak beradik yang tampil dengan kemasan berbeda.

Mereka adalah Akdong Musician yang membawakan lagu-lagu akustik dengan karakter yang kuat. Lee Chanhyuk dan Lee Suhyun membawa musik yang segar dan mematahkan stereotip bahwa seorang musisi harus memiliki visual menawan.

Bolbbalgan4

[Bintang] Bolbbalgan4
Bolbbalgan4 (Foto: Instagram/shofar_music)

Duo berikutnya juga tak kalah kuat dalam membangun karakter mereka. Bolbbagan4 terdiri dari Ahn Ji-young dan Woo Ji-yoo, yang merupakan jebolan program survival Superstar K6.

Di bawah label Shofar Music, Bolbbalgan4 telah menelurkan 1 album studio yakni Red Planet pada 2016. Yang terbaru di tahun 2019 mereka merilis dua single menarik yang perlu kalian dengar, yakni Start Over Me dan Mermaid.

Epik High

[Bintang] Epik High
Epik High

Nama terakhir ini merupakan grup senior yang sudah memiliki nama besar. Mereka adalah Epik High, grup hip hop yang disegani di Korea Selatan.

Diperkuat Tablo, Mithra Jin, dan DJ Tukutz Epik High yang terbentuk pada 2001 masih aktif hingga saat ini. Jika kamu suka dengan musik hip hop, Epik High adalah opsi yang bisa kamu dengarkan.

Lanjutkan Membaca ↓