Fans Indonesia Penyumbang View Terbesar BLACKPINK?

Nizar Zulmi13 Mei 2019, 20:08 WIB
BLACKPINK

Fimela.com, Jakarta Fenomena grup-grup K-Pop dan para peminatnya terus menimbulkan dampak luar biasa. Kehadiran mereka mendobrak standar hingga memecahkan berbagai rekor yang selama ini tampaknya mustahil dipecahkan.

Salah satu nama yang suara pendukungnya paling kencang saat ini adalah BLACKPINK. Girl group asal YG Entertainment ini telah melebarkan sayapnya, dari bintang di Korea Selatan, Asia hingga ke kancah internasional.

4 Fakta MV Terbaru Blackpink, Kill This Love yang Langsung Tembus Puluhan Juta View
sumber: youtube.com

Faktor sukses mereka tak lepas dari dukungan intens dari para fans yang menamakan diri BLINK. Di beberapa negara fandom ini memiliki jumlah besar, termasuk di Indonesia.

BLINK di Indonesia disebut-sebut sebagai salah satu penyumbang terbesar views BLACKPINK di YouTube. Hal ini pun mendapat komentar dari para netizen Korea yang memantau progress Jennie dan kawan-kawan.

Chemistry Fans di Indonesia

Lisa Blackpink
Lisa Blackpink/soompi

BLINK di Indonesia memiliki jumlah besar karena setidaknya dua hal. Pertama adalah karena kehadiran Lisa, idol asal Thailand yang masih serumpun dengan Indonesia di kawasan Asia Tenggara.

Sementara itu faktor lain yang juga mendongkrak popularitas mereka adalah status mereka sebagai brand ambassador sebuah marketplace di Indonesia. Ini yang membuat chemistry BLACKPINK dan BLINK Indonesia makin kuat.

Diakui atau Dinynyiri?

BLACKPINK
BLACKPINK saat tampil di Coachella 2019. (dok. Instagram @jennierubyjane/https://www.instagram.com/p/BwN5AnYDXzl/Putu Elmira)

K-Netz menyoroti besarnya jumlah views MV BLACKPINK yang datang dari fans Indonesia. Di satu sisi mereka memandang ini sebagai hal yang negatif, meski di sisi lain mereka juga mengakui kehebatan fans di tanah air.

“Fans dari Thailand, Vietnam dan Indonesia beraamai-ramai streaming untuk Lisa. Jika tidak memasukkan jumlah views dari negara-negara tersebut, BLACKPINK mungkin hanya bisa mendapatkan 1/5 dari total jumlah views yang mereka raih,” tutur salah satu K-Netz di forum K-Pop.

"Tidak ada yang mampu menandingi orang Asia Tenggara jika bicara soal jumlah,” sahut fans lain. Bagaimana menurut pendapat kalian?

Lanjutkan Membaca ↓