Meghan Markle dan Pangeran Harry Menang Gugatan Hukum Atas Pelanggaran Privasi

Lanny Kusumastuti17 Mei 2019, 11:24 WIB
Meghan Markle dan Pangeran Harry

ringkasan

  • Meghan Markle dan Pangeran Harry dilaporkan baru saja memenangkan kasus hukum terkait privasi mereka dan bayinya Archie dari paparazi.
  • The Duke sempat meninggalkan kediaman mereka di Oxfordshire karena merasa tak aman dari intaian paparazi.
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Meghan Markle dan Pangeran Harry dilaporkan baru saja memenangkan kasus hukum terkait privasi mereka dan bayinya Archie dari paparazi. Demi kenyamanan dan keamanan hidup mereka, pasangan ini pun telah memutuskan untuk menjauhkan Archie dari sorotn publik.

Melansir laman ELLE, pada hari Kamis (16/5) Pangeran Harry merilis penyataan bahwa dirinya menerima permintaan maaf resmi dari agen foto Splash News.

Pangeran Harry dan Meghan Markle Pamer Wajah Bayi Pertamanya
Pangeran Harry dan Meghan Markle bersama putra pertama mereka, Archie. (AFP Photo/Dominic Lipinski)

Dalam laporan itu disebutkan bahwa Splash News telah menyewa helikopter untuk mengambil foto kediaman Meghan dan Harry di Oxfordshire, dan dimuat di halaman The Times serta media lainnya Januari lalu.

Lebih lanjut disebutkan bahwa Pangeran Harry menilai hal itu sebagai pelanggaran privasi yang sangat buruk. Kegiatan paparazi itu pun sampai membuat Meghan dan Pangeran harry pindah dari kediamannya karana merasa tidak aman.

"Sindikasi dan publikasi foto-foto itu sangat merusak keselamatan dan keamanan rumah The Duke, sampai-sampai mereka tak bisa lagi tinggal di properti itu," ujar Harry dalam pernyataannya yang dibacakan oleh pengacaranya.

Meghan Markle - Pangeran Harry
Meghan Markle dan Pangeran Harry mengambil jalur hukum untuk melindungi privasi mereka. (PETER PARKS / POOL / AFP)

Sebelum memutuskan untuk menempati rumah tinggal di Oxfordshire, Pangeran Harry dan Meghan Markle telah memperhitungkan keamanan privasi mereka. Lokasi tersebut berada di daerah terpencil yang dikelilingi tanah pertanian pribadi, serta jauh dari daerah manapun yang bisa diakses oleh para fotografer.

Namun ternyata perhitungan itu tak menjadi alasan para fotografer untuk mendapatkan detil kehidupan yang dijalani Meghan Markle dan Pangeran Harry. Menggunakan helikopter dan terbang diketinggian rendah pun menjadi cara para fotografer mendapatkan foto ruang tamu, tuang makan, dan kamar tidur dari kediaman The Duke.

Menang Gugatan

[Fimela] Pangeran Harry dan Meghan Markle
Meghan Markle dan Pangeran Harry baru saja memenangkan gugatan dari agensi foto yang dianggap mengganggu privasi mereka. (FOTO: AFP)

Dari keputusan pengadilan yang memenangkan Pangeran Harry dan Meghan Markle, Splash pun tak lagi boleh menjual dan memublikasikan foto-foto tersebut dan sejenisnya.

Kemudian dari putusan tersebut, Harry berencana untuk menyumbangkan uang gugatan ke badan amal. Selain disumbangkan, menurut juru bicara pangeran Harry, nominal uang yang diterima sang Pangeran juga akan digunakan untuk menutupi biaya hukum mereka.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓