Film Rumah Merah Putih Angkat Nasionalisme Anak di Perbatasan Indonesia

Rivan Yuristiawan22 Mei 2019, 03:45 WIB
Film Rumah Merah Putih

Fimela.com, Jakarta Satu lagi film bertema nasionalisme akan segera tayang di bioskop tanah air. Berjudul Rumah Merah Putih, film garapan sutradara Ari Sihasale terinspirasi dari kejadian nyata tentang kecintaan tanah air oleh anak-anak perbatasan Indonesia.

Hal tersebut diungkapkan Ari Sihasale saat peluncuran trailer dan poster film Rumah Merah Putih di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Senin (20/5/2019). "Hal ini hal yang sehari-hari mereka (anak-anak perbatasan) rasakan, jadi saya cuma memindahkan keseharian mereka ke dalam kamera," ucap Ari Sihasale.

Film produksi Alinea Pictures itu dibintangi oleh sederet nama besar seperti Pevita Pearce, Yama Carlos, dan Shafira Umm. Disamping itu, mereka juga melibatkan beberapa anak asli dari Nusa Tenggara Timur (NTT) sebagai tokoh utama.

 

Film Rumah Merah Putih
Film Rumah Merah Putih (Bayu Herdianto/KapanLagi.com)

Film Rumah Merah Putih bercerita tentang Farel Amaral (Petrick Rumlaklak) dan Oscar Lopez (Amori De Puribicacao) yang tinggal di perbatasan NTT dan Timor Leste yang hidup dalam kesederhanaan.

Secara garis besar, film Rumah Merah Putih menceritakan tentang perjalanan Farel dan Oscar bersama teman-temannya dalam menyambut peringatan hari Kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus dengan segala permasalahan yang mereka hadapi.

 

Jadwal Tayang

[Fimela] Pevita Pearce
Film Rumah Merah Putih (Bayu Herdianto/KapanLagi.com)

Menurut Nia Sihasale Zulkarnaen selaku eksekutif produser, film pertama yang mereka rilis sejak lima tahun lalu itu dianggap bisa menggugah jika nasionalisme ditengah suasana yang sempat memanas karena Pilpres.

"Selama syuting sama anak-anak ini, kami belajar banyak. Semoga setelah nonton film ini kita makin bangga dan makin cinta sama Indonesia. Film ini semoga jadi penyejuk situasi saat ini," ucap Nia Sihasale Zulkarnaen.

Film Rumah Merah Putih sendiri mengambil lokasi syuting di Kabupaten Belu dan Timor Tengah Utara. Rencananya, film yang diperuntukan untuk semua umur itu akan tayang saat liburan, mulai tanggal 20 Juni 2019 mendatang.

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓