Tutup Usia, Begini Kronologi Meninggalnya Ustaz Arifin Ilham

Musa Ade23 Mei 2019, 00:50 WIB
[Bintang] Arifin Ilham

ringkasan

  • Walaupun sedang menjalani pengobatan, Ustaz Arifin Ilham tetap mengajar anaknya membaca Alquran.
  • Meski kritis, beruntung Ustaz Arifin Ilham tidak mengalami masa koma.
  • Setelah hampir satu hari dilarikan ke ruang ICU, Ustaz Arifin Ilham akhirnya berhasil melewati masa kritis.
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Kabar duka datang dari Ustaz Arifin Ilham. Pria berusia 49 tahun tersebut meninggal dunia setelah melewati masa kritis di Penang, Malaysia, Rabu (22/5/2019) malam. Kabar duka ini disampaikan oleh putranya, Alvin Faiz melalui akun Instagram pribadinya.

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu Ustaz Arifin Ilham sempat menjalani perawatan intensif di sebuah rumah sakit di Penang, Malaysia. Setelah dinyatakan sembuh, ia pun kembali ke Indonesia dan menjalani aktivitasnya seperti biasa.

Ustaz Arifin Ilham (Foto: Instagram/@kh_m_arifin_ilham)
Ustaz Arifin Ilham (Foto: Instagram/@kh_m_arifin_ilham)

Namun kesehatannya kembali menurun dan ia pun menjalani perawatan lagi di Malaysia. Sepertinya almarhum tidak bisa hanya sekedar beristirahat di rumah sakit. walaupun sedang menjalani pengobatan, ia tetap mengajar anaknya membaca Alquran.

"Semangat Anakku Sayangku filah. Assalaamu alaikum wa rahmatullaahi wa barkaatuhu. SubhanALLAH walhamdulillah walau abinya sakit tetap mengajarkan anaknya. “Sebab umur kita tidak sepanjang berjuangan fiisabilllah”," terang Ustaz Arifin Ilham," tulisnya.

Kondisi kesehatan Ustaz Arifin Ilham yang menderita kanker kelenjar getah bening, dikabarkan kembali memburuk. Bahkan beliau sempat dikabarkan ‎telah meninggal dunia. Namun kabar itu dibantah oleh sahabatnya, ustaz Yusuf Mansur.

Ustaz Arifin Ilham
Ustaz Arifin Ilham (Instagram)

Kokom, adik Ustaz Arifin Ilham mengatakan, kakaknya kembali diterbangkan ke Malaysia untuk mendapatkan perawatan intensif. "Sudah (sebulan di Malaysia), sebelum puasa sudah di sana," kata Kokom seperti yang dilansir dari Liputan6.com.

Keluarga juga setia menemani Ustaz Arifin Ilham menjalani proses pengobatan penyakit kelenjar getah bening, termasuk ketiga istrinya. Mereka secara bergantian menjaga pemimpin Majelis Azzikra, selama menjalani proses penyembuhan. "Iya (istri) serta mama dan kakak sudah di sana semua," ujar Kokom.

Mengalami Masa Kritis

arifin ilham
ig Muhammad Alvin Faiz

Seperti yang dilansir dari Liputan6.com, Kokom menceritakan kondisi Ustaz Arifin Ilham. Meski kritis, beruntung sang kakak tidak mengalami masa koma. "Setahu saya masih sadar, cuma nggak bisa berkomunikasi," imbuh Kokom, saat dihubungi melalui sambungan telepon, Selasa (21/5/2019).

Setelah beberapa jam mendapat perawatan intensif, kabar baik datang dari istri pertama Ustaz Arifin Ilham, Yuni Djamaluddin. Pada akun Instagram pribadinya, Yuni menyebut Ustaz Arifin Ilham sudah melewati masa kritis. Kondisinya pun sudah jauh lebih stabil dari sebelumnya.

"Subhanallah walhamdulillah Allahuakbar kondisi Morobbi sayangku saat ini sudah stabil terima kasih ya Allah," ucap Yuni.

Melewati Masa Kritis

Ustaz Arifin Ilham
[Foto: Instagram Alvin Faiz]

Setelah hampir satu hari dilarikan ke ruang ICU, terhitung Selasa (21/5/2019) malam, Ustaz Arifin Ilham akhirnya berhasil melewati masa kritis. Kondisi kesehatannnya saat itu sudah berangsur stabil.

"Saat ini Ustadz stabil, tensi sudah membaik, fungsi ginjal dan jantung tetap dalam batas normal (harus tunggu 2 - 3 hari lagi) InsyaAllah," kata Kokom kepada Liputan6.com melalui WhatsApp, Rabu (22/5/2019) pagi.

Meskipunn begitu, Kokom mengatakan jika sang ustaz belum sadarkan diri dn masih menjalani perawatan di ruang ICU. "Ustaz belum sadar karena pengaruh obat bius juga, karena ada alat pernapasan di paru jadi harus dibius. Terus berdoa ya untuk murobbi (guru) kita. Bismillah Kun Fayakun," lanjutnya.

Ustaz Arifin Ilham
Ustaz Arifin Ilham

Akan tetapi pada Rabu (22/5/2019), Ustaz Arifin Ilham mengembuskan napas terakhir pukul 22.50 WIB. "Innalillahiwainnailaihirojiun Telah wafat Abi kami tercinta Abi @kh_m_arifin_ilham. Semoga Allah terima amal ibadahnya, diampuni semua dosanya, dimasukkan ke surganya Allah swt, aamiin," tulis Alvin Faiz melalui akun Instagram pribadinya.

Menurut Alvin, jenazah Ustaz Arifin Ilham akan dimakamkan di Pesantren Azzikra, Gunung Sindur, Bogor. Namun dia tidak menyebut kapan jenazah ustaz kondang itu ke Tanah Air dari Malaysia. Selamat jalan Ustaz Arifin Ilham.

Lanjutkan Membaca ↓