Berlangsung Khidmat, Presiden Jokowi Pimpin Langsung Pemakaman Ani Yudhoyono

Rivan Yuristiawan02 Jun 2019, 17:24 WIB
Suasana Jelang Pemakaman Ani Yudhoyono di TMP Kalibata

Fimela.com, Jakarta Setelah diberangkatkan dari rumah duka di Cikeas, jenazah mantan ibu negara Kristiani Herrawati atau Ani Yudhoyono akhirnya tiba di Taman Makam Pahlawan Kalibata. Jenazah tiba pada pukul 14.20 WIB didampingi oleh iring-iringan keluarga.

Setibanya di area pemakaman, jenazah Ani Yudhoyono langsung disambut dengan upacara militer dan diterima langsung oleh Presiden Joko Widodo. Seluruh anggota keluarga mulai dari suami, anak, menantu, serta cucu perempuan kelahiran Yogyakarta itu tampak terlihat mendampingi di sisi jenazah. Disamping itu, sejumlah pasukan dari berbagai kesatuan militer tampak berbaris rapi di sekitar pusara.

Sebelum proses pemakaman, upacara militer yang dilakukan dalam proses pemakaman Ani Yudhoyono lebih dahulu dimulai dengan pembacaan riwayat hidup singkatnya. Mulai dari riwayat pendidikan, sampai berbagai prestasi yang didapat ibu negara periode 2004-2014 itu selama hidupnya pun turut dipaparkan.

 

Tiba di Puri Cikeas Jenazah Ani Yudhoyono Disemayamkan
Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (kanan) bersalaman dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat menerima kedatangan jenazah sang istri Ani Yudhoyono di Puri Cikeas, Bogor, Sabtu (1/6/2019). (Liputan6.com/Pool/Biro Pers Setpres)

Setelah pembacaan riwayat hidup, giliran Presiden Joko Widodo selaku Inspektur Upacara membacakan Darma Bakti Persada Ani Yudhoyono selaku ibu negara ke-6 Republik Indonesia.

Layaknya pemakaman jenazah yang berlangsung secara militer, lagu Gugur Bunga pun berkumandang di sekitar pusara Ani Yudhoyono. Saat momen tersebut, suasana haru sangat kental terasa.

Dalam tahap akhir upacara pemakaman, setelah jenazah Ani Yudhoyono dimasukan ke liang lahat, prosesi tabur bunga serta peletakan karangan bunga secara simbolis sebagai bentuk penghormatan pun dilakukan. Presiden Joko Widodo mewakili negara, sementara yang berduka, Susilo Bambang Yudhoyono mewakili pihak keluarga.

 

Tokoh Wanita Terbaik

Prosesi pemakaman Ani Yudhoyono di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (2/6/2019).
Prosesi pemakaman Ani Yudhoyono di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (2/6/2019).(Liputan6.com/ Lizsa Egeham)

Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo menyatakan jika segenap bangsa Indonesia tengah berkabung atas kepergian Ani Yudhoyono. Menurutnya, Indonesia telah kehilangan salah satu tokoh wanita terbaik yang aktif mengabdi pada negara semasa hidupnya.

"Dengan penuh dukacita, hari ini kita semua berkabung atas wafatnya ibu negara Presiden ke-6 Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono, Kristiani Herrawati Yudhoyono. Kita telah kehilangan tokoh wanita terbaik, ibu negara yang penuh kasih sayang, pejuang kemanusiaan yang tulus," ujar Presiden Joko Widodo di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa (2/6/2019).

 

Penghormatan Militer

Kedatangan Jenazah Ani Yudhoyono di Halim Perdanakusumah
Agus Harimurti Yudhoyono dan Edhie Baskoro Yudhoyono membawa pigura foto almarhumah Ani Yudhoyono di Lanud Halim Perdanakusumah, Jakarta Timur, Sabtu (1/6/2019). Almarhumah meninggal dunia di National University Hospital (NUH) Singapura dan disemayakamkan di Puri Cikeas. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Atas berbagai jasa yang almarhumah berikan pada bangsa, proses pemakaman secara militerpun dianggap sebagai bentuk penghormatan dari negara untuk salah satu wanita yang berpengaruh terhadap perkembangan bangsa dan negara.

"Kita hadir untuk memberikan penghormatan terakhir pada beliau sebagai bentuk penghargaan negara dan pemerintah atas pengabdiannya pada negara semasa hidupnya," pungkasnya.

Selain Presiden Jokowi, proses pemakaman Ibu Ani Yudhoyono juga dihadiri beberapa pejabat tinggi negara. Dua mantan Presiden seperti BJ. Habibie dan Megawati Soekarno Putri juga terlihat hadir di area pemakaman. Disamping itu, beberapa tokoh negara serta Menteri dari Kabinet Kerja juga tampak hadir di TMP Kalibata.

Lanjutkan Membaca ↓