Sederet Momen Haru di Sisi Pusara Ani Yudhoyono

Rivan Yuristiawan03 Jun 2019, 13:17 WIB
Pemakaman Ani Yudhoyono

Fimela.com, Jakarta Kepergian Ani Yudhoyono ke haribaan Ilahi tampaknya memberi luka yang sangat mendalam bagi keluarga. Sejak masih di National University Hospital Singapura, tempat Ani Yudhoyono dirawat selama hampir empat bulan, seluruh anggota keluarga selalu menunjukan raut wajah sedihnya.

Seperti yang terlihat di TMP Kalibata, tempat Ani Yudhoyono beristirahat untuk selamanya, kesedihan kembali terlihat di sisi pusara. Yang menjadi sorotan, tentu saja sosok Susilo Bambang Yudhoyono yang tampak terpukul sejak masih di Singapura.

Pemakaman Ani Yudhoyono
Potret kesedihan di Pemakaman Ani Yudhoyono. (Rivan Yuristiawan/Fimela.com)

Dari pantauan Fimela di lokasi pemakaman, Minggu (2/6), SBY terlihat beberapa kali mengusap airmata yang menggenang. Dalam beberapa momen sebelumnya, ia pun tak kuasa menahan kesedihan, salah satunya saat berbicara dengan terbata ketika memberi sambutan jelan jenazah sang istri disemayamkan di Pendopo Cikeas.

Tak hanya SBY, dua putra kebanggaannya pun tampak terpukul. Di sisi pusara sang bunda, anak bungsu mereka, Edhie Baskoro Yudhoyono 'memajang' muka sedih tanda kehilangan. Bahkan, untuk beberapa momen, Ibas, sapaan akrabnya harus dikuatkan oleh istrinya, Aliya Rajasa yang setia mendampingi di sisi.

Sedikit lebih tegar dari SBY dan Ibas, bukan berarti Agus Yudhoyono tak bersedih. Mata merah tanda menahan airmata sangat jelas terlihat di wajah. Beberapa kali, istrinya, Annisa Pohan harus mengusap airmata suaminya yang tercecer di pipi.

Pemakaman Ani Yudhoyono.
Potret kesedihan di Pemakaman Ani Yudhoyono. (Rivan Yuristiawan/Fimela.com)

Memang, sosok Ani Yudhoyono begitu spesial bagi keluarga Cikeas. Dalam sambutan sesaat setelah jenazah Ani Yudhoyono terkubur dengan tanah, sang sulung, Agus Harimurti Yudhoyono mewakili pihak keluarga seolah memberi penegasan terkait rasa kehilangan yang ia dan keluarganya rasakan.

"We love you and we will forever miss you," ucap AHY di depan pusara sang bunda.

Seperti diketahui, Kristiani Herrawati Yudhoyono meninggal dunia pada Sabtu (1/6/2019) pukul 11.50 waktu Singapura. Ani Yudhoyono meninggal setelah sekitar 4 bulan berjuang melawan penyakit kanker darah yang diidapnya.

Setelah melewati beberapa prosesi, jenazah Ani Yudhoyono lantas dikebumikan secara militer di Taman Makam Pahlawan Kalibata Jakarta Selatan pada Minggu (2/6/2019) sore. Ribuan pelayat yang terdiri dari pejabat tinggi negara sampai masyarakat biasa pun turut memberikan penghormatan terakhirnya untuk Ani Yudhoyono.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓