Kesan Deddy Mizwar pada Mendiang Robby Sugara

Rivan Yuristiawan13 Jun 2019, 19:24 WIB
Robby Sugara

Fimela.com, Jakarta Para pelayat mulai mendatangi Rumah Duka RSU UKI, Jakarta Timur, Kamis (13/6/2019) siang. Di tempat tersebut, tengah disemayamkan jasad aktor senior, Robby Sugara yang meninggal dunia lantaran serangan jantung. Salah satu dari sekian banyak pelayat yang hadir, terlihat sosok Deddy Mizwar.

Mantan Wakil Gubernur Jawa Barat itu sengaja meluangkan waktu untuk memberi penghormatan terakhir pada Robby Sugara. Sama-sama berkecimpung lama di industri hiburan tanah air, Deddy Mizwar pun memiliki kesan tersendiri pada sosok Robby Sugara.

Meski mengaku tidak terlalu mengenal dekat secara personal, namun Deddy Mizwar mengatakan jika almarhum Robby Sugara merupakan orang baik semasa hidup. "Robby orang baik. Dia tidak pernah punya masalah dengan teman-temannya," ucap Deddy Mizwar.

Robby Sugara
Robby Sugara meninggal dunia. (Bambang E. Ros/Kapanlagi.com)

Aktor yang identik dengan perannya sebagai Nagabonar itu juga berujar jika sosok Robby Sugara pernah menjadi bagian penting dari perkembangan industri perfilman tanah. Terbukti, sejak memulai kariernya di tahun 1975, Robby Sugara tetap mampu berakting sampai film terakhirnya, 3 Dara 2.

"Beliau juga bisa mewarnai perjalanan film Indonesia pada masanya. Dan saya kira terakhirpun dia masih bisa hadir dalam perfilman Indonesia dan 2005-an kembali lagi. Sosok yang pada masanya memang mendominasi perfilman Indonesia. Dia bareng Roy Marten, dia senior saya," paparnya kemudian.

Kepergian Robby Sugara di usia 69 tahun pun menurut Deddy Mizwar menjadi duka bagi industri perfilman Indonesia. Ia berharap, atas segala kebaikan yang pernah diperbuat semasa hidup, Robby Sugara bisa mendapat tempat terbaik di sisi Tuhan.

[Fimela] Suasana Rumah Duka Robby Sugara
(Deki Prayoga/Fimela.com)

"Saya kira kita merasa kehilangan dengan kepergiannya yang tiba-tiba, dan kembali dunia film kehilangan seorang aktor yang sudah mewarnai perjalanan sejarah film Indonesia. Mudah-mudahan Tuhan memberikan kelapangan dan kekuatan," pungkas Deddy Mizwar.

Robby Sugara meninggal dunia pada Kamis (13/6/2019) dinihari, pada pukul 00.10 WIB. Ia meninggal lantaran terkena serangan jantung setelah berkumpul bersama keluarganya.

Robby pergi meninggalkan satu istri, tujuh orang anak, serta 16 cucu. Rencananya, jenazah Robby Sugara akan dimakamkan di TPU Pondok Rangon, Jakarta Timur, pada Jumat (14/6/2019) petang.