Kesulitan Iqbaal Ramadhan Dalami Peran Minke di Bumi Manusia

Sutikno20 Jun 2019, 20:38 WIB
[Fimela] Iqbaal Ramadhan di Film Bumi Manusia

Fimela.com, Jakarta Kemampuan Iqbaal Ramadhan kembali diuji. Setelah sukses memerankan tokoh Dilan, kali ini, mantan personel Coboy Junior itu dipercaya sutradara handal Hanung Bramantyo untuk memerankan tokoh Minke. Aktor 19 tahun itu harus berperan layaknya pemuda akhir abad 18 di film Bumi Manusia.

Minke yang diperankan Iqbaal digambarkan sebagai pemuda zaman kolonial Belanda yang bersifat kritis. Iqbaal pun merasakan banyak kesulitan. Ini merupakan pengalaman pertamanya ketika harus memerankan sosok yang jauh dari generasinya.

Banyak tantangan harus dijalani sebagai aktor. Terlebih, sang sutradara meminta Iqbaal untuk mendalami karakter Minke seperti dalam kisah novel karya sastrawan Pramoedya Ananta Toer yang berjudul Bumi Manusia tersebut. Hanung meminta Iqbaal untuk hidup layaknya seorang 'budak' pada zaman penjajahan tersebut.

 

[Fimela] Iqbaal Ramadhan film Bumi Manusia
Salah satu adegan Iqbaal Ramadhan difilm terbarunya film Bumi Manusia (instagram/malarainbow)

Untuk mendalami karakternya sebagai Minke, Iqbaal membiasakan seperti makan di lantai, tidur di tikar, ngepel, mencuci dan lain sebagainya saat sedang di rumah sendiri. Hal itu diharapkan agar Iqbaal bisa merasakan menjadi budak. Seperti yang pernah dirasakan Minke pada zamannya.

"Saya disuruh makan di lantai saya disuruh ngepel, makan duduk dilantai. Untuk merasakan susahnya hidup sebagai Minke, karena saya sadar saya lahir semua enak," kata Iqbaal Ramadan saat ditemui di kawasan Epicentrum, Kuningan Jakarta Selatan, Rabu (19/6/2019).

Untuk mendalami karakter yang jauh dari generasinya tersebut, ia banyak mencari referensi dengan baca-baca buku, nonton video dan mengikuti arahan dari sutradara.

"Itu yang paling susah karena enggak ada yang diajak mengobrol. Tidak ada cara lain selain nonton video dan baca buku seperti buku kesukaan Pram, Max Havelaar karya Eduard Douwes Dekker. Saya mengerti approach Mas Hanung bukan bikin saya jadi Minke tapi mengerti cara berpikir Minke," kata Iqbaal.

 

Iqbaal Harus Rasakan Seperti Minke

[Fimela] Iqbaal Ramadhan film Bumi Manusia
Iqbaal saat acara peluncuran poster Bumi Manusia di Epicentrum XXI, Jakarta, Rabu (19/6/2019). (Adrian Putra/Fimela.com)

Ditempat yang sama, Hanung Bramantyo sutradara film Bumi Manusia, mengatakan dengan melakukan seperti yang dilakukan Minke saat itu, Iqbaal akan terbiasa merasakan kesulitan hidup seperti Minke.

"Dia harus ngerasain jadi budak di rumah sendiri, ngerasain makan di lantai. Tidur di kasur tapi alasnya tiker, terus ngepel sendiri. Karena itu yang dirasakan Minke di tahun tersebut, para pemuda di tahun tersebut pun merasakan itu," ujarnya.

Selain Iqbaal Ramadhan, film Bumi Manusia juga melibatkan beberapa aktris dan aktor diantaranya Mawar DD Jongh, Ayu Laksmi, Donny Damara, Bryan Domani, Giorgino Abraham dan Jerome Kurniawan. Film ini rencananya akan tayang mulai 15 Agustus mendatang selama tiga jam.

 

Saksikan Juga Video Pilihan Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓