Meghan Markle dan Pangeran Harry Habiskan Lebih dari Rp 42.5 M untuk Renovasi Rumah

Lanny Kusumastuti26 Jun 2019, 15:00 WIB
Meghan Markle

ringkasan

  • Meghan Markle dan Pangeran Harry menghabiskan biaya banyak untuk merenovasi tempat tinggal mereka di Frogmore Cottage.
  • Biaya yang digunakan untuk merenovasi rumah Meghan Markle dan Pangeran Harry berasal dari pajak.
  • Meghan Markle dan Pangeran Harry juga mengeluarkan biaya dari kantong pribadi untuk renovasi rumahnya.
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Meghan Markle dan Pangeran Harry baru saja merenovasi kediaman mereka di Frogmore Cottage. Menurut sebuah laporan, renovasi yang dilakukan untuk kediaman Meghan dan Pangeran Harry telah menelan biaya lebih dari Rp 42.5 miliar yang mana nominal tersebut dibayar dari penghasilan pajak.

Dikutip dari laman E!News, dalam laporan tahunan yang dirilis The Sovereign Grant dan Sovereign Grant Reserve disebutkan jika mereka melakukan pengubahan bangunan menjadi kediaman resmi dan rumah baru untuk Meghan dan Pangeran Harry.

Meghan Markle - Pangeran Harry
Meghan Markle dan Pangeran Harry tinggal di Frogmore Cottage. (PETER PARKS / POOL / AFP)

"The building was returned to a single residence and outdated infrastructure was replaced to guarantee the long-term future of the property," ujar Sir Michael Stevens, bendahara dan pengelola keuangan Rumah Tangga Kerajaan.

Ya, seperti yang dilaporkan sebelumnya bahwa Frogmore Cottage awalnya memiliki lima buah bangunan seiryang kemudian diubah menjadi satu rumah seiring dengan keputusan Meghan Markle dan Pangeran Harry untuk pindah dan tinggal di sana.

Terkait renovasi yang dilakukan untuk kediaman Meghan Markle dan Pangeran Harry, sumber dekat kerajaan menyebut pekerjaan itu termasuk mengganti balok lagit-langit kayu, perbaikan lantai, memperbarui sistem pemanas, memasang ulang listrik, gas, serta air yang baru.

Pangeran Harry dan Meghan Markle Biayai Perlengkapan Sendiri

Pangeran Harry dan Meghan Markle Pamer Wajah Bayi Pertamanya
Pangeran Harry dan Meghan Markle berpose dengan bayi laki-lakinya yang baru lahir di St George's Hall di Windsor Castle di Windsor, London (8/5/2019). (AFP Photo/Dominic Lipinski)

Terkait dana yang digunakan, di luar keperluan renovasi di atas, berbagai peralatan dan perlengkapan rumah dibeli sendiri oleh sang Pangeran. "Substantially all fixtures and fittings were paid for by Their Royal Highnesses," ujar Stevens.

Lebih lanjut soal biaya yang dikeluarkan, pihak kerajaan mengatakan bahwa mereka memang menyiapkan tunjangan untuk renovasi tersebut, namun jika Meghan dan Pangeran Harry menginginkan lebih dari yang disediakan, mereka harus menambahkan biayanya sendiri.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓