4 Fakta Kelam K-Pop di Mata Eks Member Crayon Pop

Nizar Zulmi08 Jul 2019, 13:08 WIB
Crayon Pop Sukses Jadi Pemanis Asian Dream

Fimela.com, Jakarta Digemari banyak orang dan punya kehidupan yang mapan, menjadi seorang idol K-Pop tampaknya sangat menggiurkan. Namun kita harus melihat juga dari sisi lain, bahwa fakta di balik itu tidak senyaman yang dibayangkan. 

Beberapa waktu lalu eks member Crayon Pop, Way bicara kepada salah satu media Asia tentang pengalamannya sebagai idol. Ia menjalani kehidupan 'dambaan' para remaja selama kurang lebih 5 tahun.

 

Crayon Pop
Crayon Pop

Kenyataannya Way dan kawan-kawan melewati masa sulit. Di balik popularitasnya, Crayon Pop menanggung beban berat yang dirasakan karena kontrak yang telah mereka tandatangani.

Bermodal mimpi manis sebagai idol, Way akhirnya tercekik kontrak yang berat. Crayon Pop bubar pada 2017, dan begini cerita sang mantan member yang kini aktif sebagai Youtuber.

Masa Trainee yang Menyiksa

[Bintang] Crayon Pop
Crayon Pop dalam Doom Doom Chit

Sudah jadi rahasia umum jika masa pradebut kerap kali jadi neraka bagi para trainee. Way bisa dibilang beruntung karena ia hanya dua bulan menjalani latihan sebelum sukses debut dengan Crayon Pop.

Latihan berat seperti ngedance dengan pemberat di kedua kaki, hingga pengawasan ketat soal berat badan jadi hal yang berat baginya. Mereka juga harus berhutang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Masalah Keuangan

Crayon Pop Jadi Pahlawan Pembela Kebenaran
Crayon Pop

Seperti disebutkan di atas, keuangan jadi masalah utama di awal pembentukan grup. Namun hal itu justru memburuk di setahun pertama setelah debut. Dengan jadwal padat, mereka masih harus melunasi hutang.

Selama setahun Way mengaku member Crayon Pop nyaris tak menghasilkan uang untuk mereka sendiri. Hal itu karena pembagian yang terkesan berat sebelah, di mana agensi mendapat 60-70% dari penghasilan.

Bahkan setelah mereka tur bareng Lady Gaga tak membuat mereka lantas kaya mendadak. Hutang-hutang harus mereka lunasi untuk menutupi biaya produksi yang besar.

Popularitas?

Penampilan Unik, Crayon Pop Buat Lady Gaga Penasaran
Crayon Pop

Perjalanan Crayon Pop selama 5 tahun terbilang cukup sukses. Terlepas dari segala kontroversi, nama mereka cukup dikenal karena konsep 'helm' yang mencuri perhatian.

Namun Way mengaku orang tak mengenalinya saat ia berada di ruang publik. "Ketika kami jalan-jalan seperti orang biasa tidak ada yang mengenali, tanpa helm sepertinya orang tidak sadar siapa kami," ujarnya.

Tidak Ada Privasi

Idol K-Pop seringkali dikenai larangan untuk memiliki pacar. Hal itu juga dirasakan oleh Way dan member Crayon Pop lainnya. Bahkan untuk memiliki ponsel pribadi, mereka harus melakukannya diam-diam.

 
 
 
View this post on Instagram

아하쌀면 이벤트 구독자 당첨자인 강원도원주 무실초등학교 친구들만나고왔어요. 질문타임도 갖고 같이 아하쌀면도 먹었는데 친구들이 맛있다고 국물까지 싹비워먹고 너무귀엽더라구요. 언제준비했는지 제가 20살시절 작곡한 곡을 단체로 불러주며 깜짝 이벤트를 해주었어요. 눈물또르르.. 넘나 창피했다😎너무 고마웠어요 우리친구들 사랑해요💖 Today I met with elementary school students. This group was one of the winners of the AHA rice noodle event which I advertised on Youtube. We had Q&A time together, and ate rice noodles. They then sang a song for me as a surprise event, a song which I wrote when I was 19. They must have practiced so hard. Their voices were like angels. It was so touching 💖 Thank u so much! #아하쌀면 #웨이랜드 #구독자이벤트 #무실초 #최영훈쌤감사합니다 #AAP #WayLand #youtube

A post shared by 웨이 WAY (@baysunny) on

Namun yang paling menyiksa baginya adalah interaksi dengan teman, sahabat bahkan keluarga sangat dibatasi. "Suatu hari ayahku datang membawa sesuatu di hari ulang tahunku, tapi ia diminta pergi dan tak diizinkan bertemu denganku," kenang Way.

Lanjutkan Membaca ↓