5 Nama Fandom Boy Grup K-Pop Terbaik, Kamu yang Mana?

Nizar Zulmi09 Jul 2019, 08:08 WIB
[Bintang] BTS dan EXO

Fimela.com, Jakarta Salah satu faktor yang membuat K-Pop tumbuh subur adalah interaksi antara idol dengan fans yang berjalan mutual. Penggemar tidak hanya jadi pembeli dan penikmat karya, karena mereka juga mendapat perlakuan spesial dari sang idola.

Di skena K-Pop fans sampai membentuk fandom yang diserap dari kata fans dan kingdom. Setiap group memiliki fandomnya masing-masing, yang namanya diumumkan secara resmi oleh artis itu sendiri. Karena itulah ikatan antara fans dan artis berjalan romantis.

[Bintang] K-Pop
Fans K-Pop (Bintang Pictures)

Bergabung dalam sebuah fandom sendiri sebenarnya tak selalu ada ikatan. Ada beberapa penikmat K-Pop yang menyukai beberapa grup, sehingga mereka bisa dibilang multi-fandom.

Terkait soal nama, fans biasanya mengusulkan nama kepada grup atau agensi. Keputusan akhir berada di tangan agensi, sehingga tak jarang terjadi kasus fans yang awalnya tak terlalu suka dengan nama terpilih. 

Sementara beberapa nama fandom boy group K-Pop ini terbilang sukses merebut hati fans. Selain karena nama yang unik, makna di baliknya juga jadi filosofi yang layak diapresiasi. So, which one are you?

ARMY BTS

BTS di Malta/pinterest
BTS di Malta/pinterest

ARMY adalah salah satu fandom K-Pop terbesar di dunia. Sesuai dengan namanya, fans BTS layaknya pasukan yang setia dan selalu mendukung idola.

Buktinya cukup nyata, karena BTS berhasil meraih penghargaan bergengsi berkat vote dari ARMY. Tak hanya memberi, ARMY juga menerima cinta yang besar dari para member BTS lho.

EXO-L

EXO (Twitter/ @weareoneEXO)
EXO (Twitter/ @weareoneEXO)

Di awal kemunculannya, EXO terdiri dari dua sub group berdasarkan negara asal member mereka. Mereka terdiri dari EXO-K dengan member asal Korea, dan EXO-M mewakili member dari China (Mandarin).

EXO-L pun dipilih sebagai penengah antara EXO-K dan EXO-M. Huruf L di situ juga diartikan sebagai Love, yang artinya EXO dan fans saling menyayangi satu sama lain.

VIP BigBang

[Bintang] Bigbang
BigBang VIP (Wimbarsana/Dok Bintang.com)

BigBang tampaknya menyukai singkatan-singkatan. Mulai dari nama member T.O.P, GD, hingga V.I, mereka juga menamakan fandom mereka dengan singkatan, yakni VIP.

Tak ada makna lain selain Very Important Person, menandakan pentingnya fans bagi kesuksesan karier BigBang. VIP melambangkan diri dengan simbol mahkota yang menyiratkan bahwa para idola mereka adalah raja musik K-Pop.

ELF- Super Junior

Super Junior di HallyuPopFest 2019 (Twitter/ SJofficial)
Super Junior di HallyuPopFest 2019 (Twitter/ SJofficial)

Berikutnya ada juga singkatan yang tak kalah keren. Kali ini datang dari grup legendaris dari SM Entertainment, Super Junior. Penggemar SuJu memiliki nama ELF, yang merupakan kepanjangan dari Ever Lasting Friend.

Teman untuk selamanya, sebuah nama yang manis dan catchy. Elf dalam bahasa Inggris berarti peri, yang mampu membawa keajaiban bagi SuJu dan fandom mereka.

Inner Circle - WINNER

WINNER
WINNER (Foto: Twitter winnercity)

WINNER ingin membuat fans jadi sosok yang terdekat dengan mereka. Karena itu mereka memilih nama Inner Circle sebagai nama fandom resmi mereka.

Mereka bahkan memiliki nama Korea untuk fandom, yakni Park Inseo yang digagas oleh Seunghoon rapper WINNER. Nama Inseo itu merupakan singkatan dari Inner Circle dalam bahasa Korea, sementara 'Park' dibubuhkan agar terdengar seperti nama orang.

Lanjutkan Membaca ↓