Penyelenggaraan JICOMFEST 2019 Tunjukan Majunya Dunia Komedi di Indonesia

Rivan Yuristiawan09 Jul 2019, 21:24 WIB
JICOMFEST 2019

Fimela.com, Jakarta Komedian tanah air, khususnya pegiat stand up comedy tak lama lagi akan berpesta. Untuk pertama kalinya, Jakarta International Comedy Festival (JICOMFEST) 2019 akan dihelat di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, pada 3 dan 4 Agustus mendatang. Penyelenggaraan event tersebut pun mendapat tanggapan positif dari para komika tanah air.

Salah satu yang menyambut antusias atas digelarnya JICOMFEST 2019 adalah Isman HS. Komika yang terbilang senior di komunitasnya itu beranggapan penyelenggaraan JICOMFEST 2019 bisa membuka mata dunia terhadap komunitas stand up comedy yang ada di Indonesia.

[Bintang] Isman H. Suryaman (Mentor)
Stand Up Comedy Academy 3 (Adrian Putra/bintang.com)

"Gua seneng banget ya (atas terselenggaranya JICOMFEST 2019). Kita tuh pengen juga Indonesia jadi negara yang dilihat sama orang komedinya udah maju," ucap Isman HS usai menjadi tamu di KLY Lounge, Kamis (4/7/2019).

Terlebih, menurut pria berbadan gempal tersebut, tren stand up comedy yang tengah berkembang di tanah air saat ini memiliki riwayat yang cukup unik. Berbeda dengan negara-negara lain, stand up comedy di Indonesia menurutnya besar lantaran komunitas-komunitasnya yang berkembang di setiap daerah. Hal yang tidak dimiliki oleh beberapa negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

"Kita tuh sebenernya udah bikin syirik Malaysia dan Singapura karena Indonesia satu-satunya stand up comedy yang berbasis komunitas, kalau mereka basisnya profesional," papar Isman HS.

Curi Ilmu

jicomfest 2019
jicomfest 2019 (Instagram/jicomfest)

Terlebih, dengan hadirnya beberapa tamu undangan dari luar negeri di ajang JICOMFEST 2019 juga bisa menjadi ajang bertukar fikiran sekaligus mencuri ilmu untuk komika tanah air bisa menembus pasar internasional.

"Dan sekalian dikenalkan ke luar negeri karena ada stand up dari luar juga masuk (ke JICOMFEST) dan bisa berbagi ilmu, itu saya seneng banget," pungkasnya.

Sedikit Bocoran

Daftar Komika Cewek yang Paling Ditunggu di JICOMFEST 2019
©Instagram/jicomfest

Dalam dua hari gelarannya, JICOMFEST 2019 memiliki tiga sesi, yaitu Solo Show, Group Show, dan Parade Show yang semuanya diisi oleh komedian papan atas dari dalam maupun luar negeri.

Nama-nama seperti Pandji Pragiwaksono, Ernest Prakasa, Awwe, Gilang Dirga, menjadi beberapa nama komika tanah air yang menjanjikan keseruan di atas panggung. Sementara dari jajaran komedia luar negeri, nama Maz Jobrani dan Yumi Nagashima menjadi bagian lain yang akan memacu gelak tawa pengunjung yang hadir.

Lanjutkan Membaca ↓