Cerita Bisma Karisma Jadi Presiden di Negara Khayalan

Rivan Yuristiawan19 Jul 2019, 06:45 WIB
[Fimela] Bisma Karisma film Koboy Kampus

Fimela.com, Jakarta Mantan personel grup musik Smash, Bisma Karisma merasakan sebuah pengalaman berbeda di film terbarunya. Terlibat dalam film berjudul Koboy Kampus, pria asal Bandung itu dipercaya untuk menjadi Presiden dalam sebuah negara.

Bukan di negara dalam arti yang sebenarnya, Bisma di film Koboy Kampus didapuk menjadi presiden negara khayalan bernama Negara Kesatuan The Panasdalam. Negara The Panasdalam sendiri merupakan gambaran dari sekelompok mahasiswa yang mengkritik pemerintahan masa orde baru dengan cara yang kreatif.

[Fimela] Bisma Karisma film Koboy Kampus
Bisma Karisma film Koboy Kampus (Bayu Herdianto/© KapanLagi.com)

Berperan sebagai Deni, Bisma mengaku senang bisa merasakan menjadi seorang presiden. Dari perannya itu pun ia belajar bahwa menjadi seorang pemimpin tidak mudah.

"Senang, ini baru pertama kalinya saya (jadi Presiden). Ya daripada jadi presiden Indonesia ya nggak mungkin saya, saya tau diri. Jadi saya begitu ada tawaran ini jadi presiden ya kapan lagi walaupun cuma 14 orang (rakyatnya) tapi ternyata saya tau ngurus manusia itu susah," kata Bisma saat ditemui dalam press screening film Koboy Kampus di kawasan Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (18/7/2019).

Film Koboy Kampus sendiri merupakan film biopik yang mengisahkan tentang masa muda seniman serba bisa asal Bandung, Pidi Baiq. Latar belakang cerita yang diproduksi hasil kerjasama 69 Production dan MNC Pictures itu adalah saat Pidi Baiq dan beberapa temannya berkuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB).

[Fimela] Bisma Karisma film Koboy Kampus
Bisma Karisma film Koboy Kampus (Bayu Herdianto/© KapanLagi.com)

Sosok Deni yang ia perankan sendiri merupakan tokoh nyata yang memang berada dalam lingkungan suasana kampus ITB di era 90-an. Meski tak merasakan langsung bagaimana pengalaman Deni berkuliah di ITB dan menjadi presiden negara The Panasdalam, namun Bisma beruntung masih bisa mendapatkan referensi terkait peran yang ia mainkan.

"Ini kan tentang jejaknya mereka (The Panasdalam), saya hanya coba menelusuri dengan cara kita masing-masing bahwa keresahan-keresahan mahasiswa di tahun segitu adalah tentang politik dan kenegaraan," paparnya.

Selain Bisma Karisma, beberapa nama yang ikut terlibat dalam film Koboy Kampus antara lain Jason Ranti, David John Schaap, Ricky Harun, Miqdad Addausy, dan beberapa aktor muda lainnya. Rencananya, film yang disutradarai oleh Pidi Baiq dan Tubagus Deddy itu akan tayang mulai 25 Juli 2019.