Jadi Sea Soldier, Pengalaman Buruk Nadine Chandrawinata di Laut Terungkap

Anto Karibo29 Jul 2019, 06:24 WIB
[Fimela] Nadine Chandrawinata

ringkasan

  • Nadine Chandrawinata mengaku pernah mengalami hal buruk dan menyedihkan di laut
  • Pengalaman yang terjadi beberapa tahun lalu ini masih membekas dalam di hatinya
  • Hal itulah yang membuat Nadine Chandrawinata akhirnya terjun sebagai sea soldier
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Salah satu artis yang mendedikasikan dirinya pada kelestarian laut adalah Nadine Chandrawinata. Banyak kisah yang dialami oleh Nadine sebagai seorang sea soldier, seperti kejadian beberapa tahun silam.

"Terkejut.⁣⁣⁣ Lagi lihat-lihat foto lama, dan ketemu foto ini, 2016. ⁣⁣⁣ Sebuah capture-an dari ayahku, dan saya sangat ingat betul apa saja yang terjadi," kata Nadine Chandrawinata di laman Instagramnya, nadinelist baru-baru ini.

[Fimela] Nadine Chandrawinata dan Dimas Anggara
Nadine Chandrawinata dan Dimas Anggara

"Hari itu, Tuhan beri cuaca yang sangat bersahabat. Saat diving, sinar matahari membuat warna terumbu karang dan warna badan ikan seperti pelangi di bawah laut. ⁣⁣⁣ Tetapi menikmati keindahan tidak berlaku saat diving yang ke 3, ada apa?" sambungnya.

Ternyata apa yang dilalui Nadine begitu mengerikan. Ia tak bisa membayangkan bagaimana seseorang bisa melakukan hal tersebut kepada lingkungannya. Sebuah aktivitas penangkapan ikan dengan pengeboman.

"Yes, saya mendengar suara besar 3 kali, saya kira diving dekat kapal yang sedang nurunin jangkar, tetapi saya salah. Itu pengeboman ikan.⁣⁣Saya kira, hari saya sudah cukup sedih mendengar suara tersebut di bawah laut, ternyata, masih berlanjut," lanjut Nadine Chandrawinata.

Masih Berlanjut

[Fimela] Nadine Chandrawinata dan Dimas Anggara
(Instagram/nadinelist)

Merasa sedih dengan apa yang terjadi, Nadine pun mencoba menenangkan diri dengan menikmati matahari terbenam di tepi pantai. Namun apa yang terjadi justru menjadi pemandangan yang demikian mengiris hati.

"Ingin menenangkan diri dengan menikmati matahari terbenam di tepi pantai, namun tak di sangka-sangka, saya menemukan 2 baby sharks tanpa sirip, mati terombang-ambing di tepi pantai. Miris melihatnya, lalu saya ambil, saya bawa ke laut yang lebih dalam, at least, kedua baby shark bisa lebih tenang sampai akhir hidupnya," ujarnya. ⁣⁣⁣

Alasan Komitmen

[Bintang] Nadine Chandrawinata
(Instagram/nadinelist)

Belum juga usai cobaan yang harus dihadapi oleh Nadine. Pada hari yang sama ia harus melihat sampah terombang-ambing di lautan. "Saat balik, yes.. yang ada di foto ini, sampah plastik," tuturnya.

"Dari semua kejadian hari itu, saya berkomitmen, selama saya hidup, saya akan terus berdiri, belajar pendekatan ke sekelilingku untuk mengajak lebih bijak terhadap lingkungan. ⁣⁣⁣Lahirlah @seasoldier_⁣⁣⁣. Ayo mari bersama-sama , kita buat rumah kita, Indonesia, menjadi rumah yang peduli terhadap lingkungan," tandas Nadine.

Lanjutkan Membaca ↓