Lagu Dark Horse Katy Perry Divonis Plagiat di Pengadilan

Nizar Zulmi31 Jul 2019, 14:00 WIB
Katy Perry

Fimela.com, Jakarta Lagu Dark Horse milik Katy Perry menimbulkan beberapa kontroversi sejak awal perilisannya 2013 lalu. Namun yang paling mengkhawatirkan adalah dugaan plagiarisme yang sempat beberapa kali dihembuskan.

Dalam sidang di Los Angeles Senin (29/7) kemarin, pengadilan menyatakan Dark Horse menjiplak lagu Joyful Noise dari rapper gospel bernama Flame. Lagu tersebut telah dirilis pada 2009 dan dianggap jadi basis struktur lagu Katy Perry.

Katy Perry
Katy Perry (Willy Sanjuan/Invision/AP)

Ada beberapa hal yang menjadi dasar kuasa hukum Flame menuntut Katy Perry dan Dr. Luke, sang produser. Pertama dan yang paling kontroversial adalah adlib di awal lagu yang berbunyi 'you know what it is?'.

Bagian hook juga dipersoalkan oleh pihak Flame, yang merasa kedua lagu disebut mirip. Hook merupakan bagian penting yang menjadi ciri khas lagu, seperti part di bagian intro lagu Dark Horse Katy Perry yang juga sempat disebut mirip dengan lagu Nike Ardilla.

Bantahan Beberapa Pihak

Katy Perry Tampil Menawan di Musicares Person of The Year 2019
Katy Perry (AFP Photo/Valerie Macon)

Sementara itu banyak pihak yang merasa kemiripan kedua lagu ini tidak signifikan. Christine Lepera, kuasa hukum Katy Perry dalam pernyataan penutup mengungkap rasa kecewanya atas vonis yang dijatuhkan.

"Mereka (pihak Flame) mencoba menghak milik hal-hal yang mendasar di musik, alfabet dalam sebuah musik yang harusnya bisa digunakan semua orang," tuturnya dilansir dari Aceshowbiz (31/7).

Sementara itu perkembangan kasus ini sedang dalam tahap penentuan penalti. Pengadilan telah menyatakan Flame menang, dan akan menentukan sangsi yang akan dijatuhkan kepada pihak Katy Perry.

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓
Silaturahome (Silaturahmi From Home) Day 2