JICOMFEST 2019, Mimpi Besar Stand Up Indo yang Akhirnya jadi Kenyataan

Rivan Yuristiawan31 Jul 2019, 19:03 WIB
Jicomfest stand up comedy

Fimela.com, Jakarta Komedi tunggal atau yang lebih dikenal dengan nama Stand up Comedy memang tengah mewabah. Ajang Jakarta International Comedy Festival (JICOMFEST 2019) yang akan diselenggarakan pada 3 dan 4 Agustus mendatang pun menjadi ajang yang sangat ditunggu oleh para komika.

Andi 'Awwe' Wijaya, komika yang juga bertindak sebagai Presiden Stand Up Indo, komunitas para pelaku komedi tunggal di Indonesia mengatakan JICOMFEST 2019 merupakan kado bagi organisasi yang berdiri sejak 2011 itu.

[Fimela] Jicomfest stand up comedy
Jicomfest stand up comedy (Adrian Putra/Fimela.com)

Di tahun ke-8 ini, akhirnya mimpi besar para komika yang berharap adanya festival komedi di Indonesia pun menjadi kenyataan. "Ini (ada festival komedi) cita-cita gede kita. Ini tahun ke-8 (stand up Indonesia sejak berdiri), kita baru ulang tahun Juli kemaren," kata Awwe saat berbincang dengan Fimela.com di Papa Rons TVRI, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

"Selama 8 tahun stand up Indo selama ini tuh udah ada beberapa festival komedi, tapi yang bikin kita, ini untuk pertama kalinya ada pihak lain yang bikinin tanpa secara langsung bekerja sama dengan kita, artinya kita di-hire sebagai penampil aja. Jadi ini cita-cita kita yang jadi kenyataan," lanjutnya.

Di tahun pertama penyelenggaraannya ini, komika asal Bekasi, Jawa Barat pun berharap JICOMFEST 2019 bisa terlaksana dengan meriah. Hal itu dianggap penting untuk keberlanjutan festival komedi di Indonesia agar bisa mendapat perhatian publik tak hanya dari masyarakat Indonesia, melainkan publik Internasional.

"Semoga bisa rame, sukses sehingga bertahun-tahun ke depan terus ada. Semua orang bisa datang, nggak hanya Jakarta tapi juga Indonesia. Jadi gua bisa ketemu penikmat komedi dari seluruh Indonesia," harapnya untuk JICOMFEST 2019.

Gelaran JICOMFEST 2019

JICOMFEST 2019
Rangkaian acara JICOMFEST 2019 (Fimela.com/Adrian Putra)

JICOMFEST 2019 memang menjadi event komedi pertama di Indonesia yang digarap secara massive. Keseriusan penyelenggaraannya pun terbukti dari susunan line up yang akan tampil selama dua hari perhelatan di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Dari komika lokal, nama-nama senior seperti Adjis Doa Ibu, Awwe, Bintang Emon, Boris Bokir, David Nurbianto, Ge Pamungkas, Fico Fachriza, Arie Kriting, Bintang Bete, Gilang Bhaskara, Mo Sidik ikut ambil bagian. Tak hanya itu, JICOMFEST 2019 juga turut mendatangkan beberapa penampil bertaraf internasional seperti Maz Jobrani dan Yumi Nagashima, serta beberapa komika dari negara tetangga.

Yang tak kalah spesial, di JICOMFEST 2019 juga akan menyuguhkan beberapa spesial show seperti penampilan Ernest Prakasa, Pandji Pragiwaksono, Gilang Dirga, Andhika Pratama, Uus, serta Raditya Dika.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓