Film Makmum Akan Tayang Serentak di Empat Negara

Sutikno01 Agu 2019, 19:45 WIB
[Fimela] Titi Kamal

Fimela.com, Jakarta Film Makmum, akan ditayangkan bioskop Indonesia pada 15 Agustus mendatang. Tidak hanya di Tanah Air, film yang diangkat dari film pendek dengan judul sama itu akan ditayangkan serentak di tiga negara tetangga, Malaysia, Brunei Darussalam dan Singapura.

Tiga negara tetangga tersebut dipilih lantaran melihat antusias penonton dari negara tersebut. Kedekatan budaya dan spiritualitas menjadi salah satu alasan film ini diterima baik oleh negara tetangga.

Film Makmum
Poster Film Makmum (IG @deecompany)

Sebuah tantangan tersendiri untuk menyajikan menjadi cerita panjang. Film pendek Makmum berhasil meraih lebih dari 17 juta penonton sejak dirilis di Youtube beberapa tahun lalu. Selain itu, film tersebut juga meraih beberapa penghargaan bergengsi. Salah satunya Direction Special Mention di The Crappy International Movies in Sueca (CIM-Sueca), Spanyol.

"Saya rasa kita semua terikat sama mayoritas penduduk Melayu itu muslim jadi cerita tentang makmum sangat dekat dengan kehidupan kita semua," ucap Riza Pahlevi, sutradara film pendek Makmum dilansir dari Kapanlagi.

Sempat ada keraguan dari sutradara film pendek sebelum akhirnya resmi digarap. Hal itu diungkapkan oleh produser Deeraj Kalwani. Film yang awalnya hanya berdurasi tujuh menit, kemudian dikembangkan menjadi 91 menit. Bagi sutradara film pendek tersebut, sebuah tantangan mengembangkan cerita menjadi panjang untuk layar lebar. Dalam film layar lebar, Makmum tidak digarap oleh Riza, melainkan Hadrah Daeng Ratu.

Titi Kamal Jadi Perias Mayat

[Fimela] Titi Kamal
Titi Kamal (Daniel Kampua/Fimela.com)

Sebuah pengalaman baru bagi Titi Kamal terlibat dalam film genre horor. Bahkan, sebuah pesan moral yang kuat disampaikan dalam film tersebut. Bahkan, ia mengaku menjadi lebih khusyuk salat ketika menjalani proses syuting.

"Kita kalau sudah takbir, memulai salat seharusnya hati, jiwa, dan raga kita tunduk sama Allah. Gangguan apapun tak akan membuat salat kita goyah. Pesan persabahatan juga kental pada karakter-karakter penghuni asrama di film Makmum ini," ucap Titi Kamal.

Di film Makmum, ia berperan sebagai Rini. Perempuan misterius yang biasa merias wajah jenazah. Peran yang berbeda dan unik yang belum pernah diperankan selama merintis kariernya. Meski ia tidak memungkiri sempat merasa khawatir ketika mendapat tawaran.

"Aku jadi perias jenazah yang karena kurang bersosialisasi orangnya jadi dingin. Karakter ini lumayan challenging karena sehari-hari sangat jauh berbeda dengan karakter aku. Sebelum menerima agak deg-degan, bisa nggak ya? Karena genre beda, karakter beda, biasa pecicilan sekarang serius. Tapi jadi aktor memang harus bisa berubah memainkan peran apapun kan," imbuh istri Christian Sugiono ini.

Selain Titi Kamal, film Makmum yang akan ditayangkan serentak bioskop empat negara (Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam dan Singapura) pada 15 Agustus mendatang itu juga dibintangi, Jajang C Noer, Ali Syakieb, Tissa Biannu, Bianca Hello, Adika Fitri dan masih banyak lagi.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓