Totalitas Pemain Koboy Kampus Hadirkan Nostalgia bagi Penonton

Anto Karibo03 Agu 2019, 18:00 WIB
[Fimela] Bisma Karisma film Koboy Kampus

Fimela.com, Jakarta Film Koboy Kampus saat ini masih ditayangkan di bioskop Tanah Air. Terhadap film tersebut, masyarakat demikian antusias. Mereka sepertinya merindukan alternatif cerita sebagai tontonan keluarga di layar bioskop.

Sebagaimana diketahui, Film Koboy Kampus mengisahkan tentang sekelompok mahasiswa era 90-an yang sibuk menjalani aktivitas selain belajar dan mengikuti jadwal perkuliahan. Mereka yang tetap serius menuntut ilmu namun tak mengurangi kreativitas mereka untuk berkarya.

[Fimela] Pidi Baiq film Koboy Kampus
[Fimela] Pidi Baiq film Koboy Kampus (Istimewa)

Bahkan kemudian tercetus pembentukan The Panasdalam Bank yang kemudian dijadikan negara fiktif. Hal tersebut sebagai bentuk protes para mahasiswa di ITB saat itu terhadap pemerintahan orde baru.

Pidi Baiq dan teman-temannya merupakan salah satu penggagas The Panasdalam. Mereka lebih memilih untuk mengkritisi pemerintahan saat itu melalui ide-ide konyol, daripada turun ke jalan ikut melakukan demonstrasi.

Dengan mengambil jalan cerita seperti itu, para pemeran pun akhirnya membuktikan profesionalismenya. Riset seksama pun dilakukan demi terciptanya kondisi yang tak jauh berbeda dari setting tahun 90-an.

Pemain dan kru film Koboy Kampus nonton bareng penggemar di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.
Pemain dan kru film Koboy Kampus nonton bareng penggemar di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

"Jadi syuting Koboy Kampus kan ceritanya di era 90-an. Jadi aku harus menyesuaikan, padahal aku lahir tahun 2000-an, agak susah memang. Risetnya itu aku tanyakan ke orang-orang terdekat, seperti mamahku," papar Steffi Zamora saat berbincang dengan wartawan belum lama ini.

Selain itu, Steffi juga mencari banyak informasi melalui internet. "Aku juga riset melalui YouTube dan google serta nonton video klip dan film-film di era 90-an," sambung artis cantik itu.

Bisma, lawan main Steffi juga senada dalam hal menjalani totalitasnya. "Hal pertama yang aku lakukan adalah survei langsung ke lokasi syuting Koboy Kampus. Aku juga sempat ngobrol kepada mahasiswa era 90-an untuk mengetahui apa saja keresahan yang dirasakan mereka selama orde baru," ujar Bisma.

Bikin Nostalgia

Pemain dan kru film Koboy Kampus nonton bareng penggemar di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.
Pemain dan kru film Koboy Kampus nonton bareng penggemar di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Dengan totalitas yang diberikan oleh par pemainnya, film yang merupakan hasil kerjasama MNC Pictures dan 69 Production itu berhasil membuat para penonton seolah flashback ke masa di mana mereka masih kuliah.

"Nggak ada cerita demonya, tapi banyak hal yang membuat gue merasa film ini mengembalikan ingatan gue pada masa kuliah," ujar Sani usai menyaksikan film Koboy Kampus di Jakarta belum lama ini.

Senada dengan Sani, Rita juga mengungkap hal yang sama. Ia jadi teringat penampilannya saat menjadi mahsiswa di era 90-an. "Saya kok jadi seperti melihat diri sendiri saat menyaksikan akting Steffi Zamora di film Koboy Kampus. Nggak jauh beda sih, mereka benar-benar memperhatikan penampilan yang mirip dengan mahasiswi di era itu," ujarnya terpuaskan.

Saksikan Video Menarik Berikut

Lanjutkan Membaca ↓