Sukses

Entertainment

Ramai Artis Panik ASI Perah Rusak karena Mati Lampu, Ini Informasi Daya Tahannya

Fimela.com, Jakarta Beberapa artis yang masih memberikan ASI eksklusif kepada anaknya merasa khawatir dengan kondisi ASI perah (ASIP) yang mereka simpan di dalam freezer. Pasalnya semenjak Minggu (4/8) terjadi pemdaman listrik atau mati lampu di beberapa daerah.

Banyak dari mereka yang mengeluhkan terjadinya hal ini seperti Tasya Kamila yang langsung panik karena dirinya tengah berada di luar kota. Ia menanyakan bagaimana kabar ASIP nya jika pemadaman listrik berlangsung lama.

"Langsung panik minta orang rumah buat selamatkan STOK ASIP. Dear @pln_id, kira-kira sampai kapan ya mati lampunya? Aku harus gimana ini untuk menyelamatkan ASI perahku," tulis Tasya Kamila di laman Instagramnya baru-baru ini.

Kekhawatiran serupa juga dirasakan oleh Revalina S Temat, Anissa Aziza, Putri Titian, dan lainnya. Mereka merasa was-was ketika pemadaman yang berlangsung lama akan membuat kualitas ASIP-nya rusak.

Lalu bagaimana seharusnya menyimpan ASIP dengan benar dan juga beberapa informasi yang bisa menjadi pengetahuan tentang ASIP, cara penyimpanan dan juga daya tahannya? Berikut informasinya dikutip dari laman Instagram ibupedia_id.

Freezer

Daya tahan ketika ASIP disimpan di freezer lemari es 1 pintu dengan suhu -15 derajat celcius bisa sampai 2 minggu. Sementara ketika menggunakan freezer lemari es 2 pintu dengan suhu -18 derajat celcius bisa sampai 3-6 bulan. Sementara freezer dengan pintu atas bersuhu -20 derajat celcius bisa bertahan hingga 6-12 bulan. Dan sebaiknya jangan bekukan kembali ASIP beku yang sudah cair.

Lemari Es

ASIP beku yang sudah dicairkan dan disimpan dalam lemari es bersuhu 4 derajat celcius bisa bertahan dalam waktu 24 jam. Sementara ketika ASIP segar yang baru dipompa bisa bertahan 0-4 hari dalam lemari es bersuhu 4 derajat celcius.

Suhu Ruang

Pada suhu ruang, ASIP beku yang sudah dicairkan bisa bertahan sampai 1-2 jam. Namun, dalam suhu yang sama ASIP segar yang baru dipompa bisa bertahan hingga 4 jam. Dan ASI yang tak habis diminum seharusnya digunakan dalam waktu maksimal 2 jam.

Cooler Bag

Ketika disimpan dalam cooler bag dengan suhu diantara -15 sampai 4 derajat celcius, ASIP bisa bertahan hingga 24 jam.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading