10 Istilah yang Penting Diketahui Para Penggemar K-Pop

Nizar Zulmi08 Agu 2019, 16:08 WIB
[Bintang] K-Pop

Fimela.com, Jakarta Kultur musik terus mengalami perkembangan dan makin banyak ragamnya. Salah satu yang ngetrend di masa kini adalah K-Pop yang berkali-kali lipat lebih populer ketimbang 5 atau 10 tahun lalu.

K-Pop berkembang pesat karena mampu memanjakan penikmatnya yang sebagian besar berusia remaja. Idol-idol yang dilahirkan tak hanya punya visual menarik, tapi juga bakat yang tak bisa dipandang sebelah mata.

[Bintang] Dinantikan, Ini 7 Idol K-pop yang Belum Menggelar Konser di Indonesia
BLACKPINK (Foto: Soompi.com)

Nama-nama besar seperti BTS, BLACKPINK, TWICE atau EXO adalah bukti suksesnya ekspansi K-Pop di negara-negara lain. Indonesia sendiri juga termasuk salah satu negara penikmat musik Korea yang cukup besar.

Mungkin ada juga beberapa dari kamu yang belum lama mengenal dan mencoba menyelami dunia K-Pop. Ada beberapa istilah umum yang sering terdengar, dan penting untuk kamu ketahui sebagai pecinta K-Pop. Apa saja? Mari kita mulai.

Trainee

Trainee adalah status seorang calon idol yang baru saja masuk ke dalam sebuah agensi. Mereka harus menjalani latihan intensif tergantung dari kebijakan agensi masing-masing.

Biasanya calon idol menjalani masa trainee selama 2 hingga 10 tahun, tapi ada beberapa yang sukses debut dalam waktu kurang dari setahun.

Debut - Comeback

Berikutnya ada istilah yang juga tak kalah sering terdengar, yakni debut dan comeback. Debut merupakan langkah pertama ketika seorang penyanyi atau sebuah grup merilis single pertamanya.

Sementara comeback adalah istilah yang sering digunakan ketika penyanyi atau grup tersebut merilis single kedua, ketiga dan seterusnya. Comeback di K-Pop punya interval waktu yang cenderung singkat, seperti 3 atau 4 bulan.

[Bintang] TWICE
TWICE (Foto: Twitter/JYPETWICE)

Bias

Bias adalah sosok yang paling kamu idolakan dalam sebuah group. Fans tak jarang memiliki lebih dari 1 bias, baik dalam satu grup yang sama atau grup lainnya.

Di sisi lain, ada yang memaknai bias sebagai sebuah singkatan dari Being Inspired and Addicted to Someone, yang berarti terinspirasi dan terikat dengan seorang idol.

[Bintang] 8 Idol K-pop yang Dijuluki Fake Maknae
Jimin BTS memang mempunyai wajah yang baby face. Tak ayal, banyak yang mengira ia adalah maknae BTS, padahal personel termuda adalah Jungkook. (Foto: Soompi.com)

Aegyo

Idol K-Pop biasanya memiliki cara tersendiri untuk menghibur para penggemar. Salah satunya aegyo, di mana mereka melakukan tingkah lucu dan menunjukkan sisi imut mereka. Beberapa idol yang dikenal jago aegyo antara lain Nayeon TWICE, Jennie BLACKPINK atau Mino WINNER.

Survival

Program survival adalah acara yang dibuat televisi untuk menjaring bakat baru. Biasanya peserta survival berasal dari beberapa agensi dan akan didebutkan sebagai sebuah grup.

Mungkin kamu pernah mendengar acara Produce 101, Mixnine atau WIN? Beberapa grup yang lahir dari survival antara lain Wanna One, TWICE dan WINNER.

Fanchant

Hampir sama seperti cheerleaders, fans juga punya yel-yel khusus untuk menyemangati para idolalnya. Fanchant biasanya dilakukan saat konser oleh ribuan fans, yang biasanya terletak di beberapa part tertentu dalam lagu.

[Bintang] Bigbang
BigBang (Dok Fimela.com)

Sasaeng Fan

Sasaeng fan adalah penggemar yang melakukan hal-hal nekat demi idolanya, sampai melanggar privasi. Contohnya menguntit mobil idol, sampai mendatangi kamar hotel sampai ada yang mau menculiknya. Ini yang tak boleh ditiru ya.

Black Ocean

Kebalikan dari konser yang seru karena fanchant, ada kalanya konser diwarnai black ocean. Ini adalah ketika fans kompak memadamkan lightstick mereka sebagai bentuk protes kepada idola mereka atau agensi. Meski jarang terjadi, black ocean tetap jadi hal yang tak diinginkan para artis.

Black Ocean
Black Ocean SNSD tahun 2008 di Dream Concert (Allkpop)

Daesang

Di kancah K-Pop terdapat sejumlah ajang penghargaan untuk mengapresiasi para artis dan agensi. Di acara award biasanya ada Daesang, yang merupakan penghargaan tertinggi dalam ajang penghargaan.

Nah itu dia istilah-istilah umum bagi kamu yang menyukai musik K-Pop. Penasaran dengan istilah lainnya? Nantikan artikel selanjutnya ya.

Lanjutkan Membaca ↓