Kisah Mati Suri Paramitha Rusady dan Beberapa Artis Lain

Anto Karibo14 Agu 2019, 14:24 WIB
Paramitha Rusady

Fimela.com, Jakarta Bukan hanya sebagai fenomena mistis, mati suri biasanya juga memiliki penjelasan medis atas sebab-sebabnya. Sebagaimana yang dialami oleh Paramitha Rusady kala melahirkan anak pertamanya, Adrian Tegar Maharaja Bago.

Penyebab mati suri ini biasanya dikarenakan oleh Hiperkalemia, Hipotermia, dan juga pemberian resusitasi jantung paru (RJP) atau disebut juga dengan cardiopulmonary resuscitation (CPR), biasanya dilakukan kepada orang-orang yang mengalami henti jantung serta tidak mampu bernapas secara normal.

Paramitha Rusady 52 tahun
IG/paramitha118

Kembali pada kasus Paramitha Rusady yang terjadi pada 12 tahun lalu tersebut, selama dua hari, Paramitha diketahui tak sadarkan diri. "Saya pernah melahirkan dalam keadaan mati suri. Waktu itu pilihannya hidup atau mati. Sempat geger waktu melahirkan," tutur Paramitha seperti dikutip dari Liputan6.com.

Pengalaman mati suri yang dialami Paramitha Rusady ini diakibatkan oleh plasenta sang bayi yang menempel pada dinding rahim saat proses persalinan atau disebut plasenta akreta. Bagi medis, ini adalah kondisi yang sangat serius.

Pada beberapa kasus, sebagian atau semua plasenta tetap melekat. Hal ini dapat menyebabkan kehilangan darah yang parah setelah melahirkan dan kemungkinan bisa terjadi kerusakan pada rahim atau organ lainnya.

Inilah yang menyebabkan Paramitha Rusady mengalami mati suri. Karena kondisi ini sangat berisiko menyebabkan pendarahan hebat pasca melahirkan. Dan sebagaimana Paramitha, beberapa artis ini juga mengaku pernah mengalami mati suri.

Puput Melati

[Bintang] Puput Melati
Kabar itu berhembus saat suaminya, dijebloskan ke penjara lantaran kasus penipuan berkedok pengobatan dan pencurian perhiasan. Akibatnya, ia mendekam dipenjara hingga akhirnya bebas pada akhir 2014 silam. (Galih W. Satria/Bintang.com)

Sama seperti Paramitha Rusady yang harus berjuang hidup mati kala melahirkan, demikian pula dengan Puput Melati. Mati suri yang dialami Puput terjadi pada 2013 kala melahirkan anak ketiganya melalui proses caesar.

Puput menyebut bahwa ketika dirinya mati suri ada sesosok tubuh pria tinggi besar yang mengenakan jubah putih. Setelah melihat sosok tersebut, Puput baru sadarkan diri.

"Sempat 3 detik melihat kaki putih bersih, pakai jubah putih bersih, dari badan keluar cahaya tapi nggak sempat lihat mukanya. Setelah melihat itu aku langsung sadar," papar Puput Melati.

Deddy Dhukun

[Fimela] Deddy Dhukun
Tribute to Dian Pramana Putra (Adrian Putra/Fimela.com)

Dibandingkan dengan kedua artis di atas, pengalaman Deddy Dhukun bahkan lebih ekstrim. Kejadian ini menimpanya saat remaja. Kala itu dirinya sudah dikafani dan siap dimakamkan.

Namun, anehnya kala tantenya datang dan memberinya air dingin, Deddy tiba-tiba terbangun. "Saya pernah mau dikuburkan dan dikafani. Cuma menunggu tatesaya yang di luar negeri. Vonis 3 dokter menyatakan sudah meninggal," ujarnya.

Citra Prima

Citra Prima
Citra Prima saat syuting Mata Batin 2 (Instagram/@citraprima)

Praktisi supranatural sekaligus pemeran Citra Prima mengaku pernah dua kali mengalami mati suri saat dirinya berusia 9 dan 11 tahun. Kejadiannya setelah Citra terseret ombak di Pantai Parangtritis, Yogyakarta.

Ketika mati suri, Citra mengatakan kalau dirinya mengalami banyak hal di antaranya bisa melihat malaikat hingga melewati jembatan Sirathal Mustaqim. Sekarang ini Citra mampu melihat dan melakukan komunikasi dengan makhluk gaib.

Lanjutkan Membaca ↓