Sambut Menteri Susi, Puteri Indonesia Lingkungan 2019 Lakukan Bersih Sampah Plastik

Anto Karibo14 Agu 2019, 22:24 WIB
Jolene Marie Cholock-Rotinsulu

Fimela.com, Jakarta Sampah plastik telah menjadi masalah dunia sekarang ini. Termasuk pemerintah Indonesia, salah satunya Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyebutkan, Indonesia merupakan penyumbang sampah plastik terbesar kedua di dunia yang dibuang ke laut.

Karenanya, Untuk mengurangi limbah plastik, Puteri Indonesia Lingkungan 2019, Jolene Marie Rotinsulu, melakukan aksi bersih-bersih dengan memunguti sampah plastik di sepanjang sungai Pesanggrahan, Limo, Depok, Jawa Barat dengan mengenakan perahu karet bersama komunitas Bocah Kali Pesanggrahan (BOKAP).

Jolene Marie Rotinsulu
Jolene Marie Rotinsulu (Istimewa)

"Di sepanjang sungai Pesanggrahan, saya banyak menemui sampah limbah rumahtangga, mulai dari sampah kantong pelastik, styrofoam, bekas botol minuman," ucap Puteri Indonesia Lingkungan 2019, Jolene Marie Rotinsulu pada Selasa (13/8/2019).

"Bahkan saat kami berjalan lewat perahu karet, kepala saya terkena sampah plastik yang menempel di batang pohon yang menjulur ke sungai," imbuhnya yang merasa prihatin dengan kondisi sungai tersebut.

Jolene menambahkan, berdasarkan data yang diperoleh dari Asosiasi Industri Plastik Indonesia (INAPLAS) dan Badan Pusat Statistik (BPS), sampah plastik di Indonesia mencapai 64 juta ton/ tahun dimana sebanyak 3,2 juta ton merupakan sampah plastik yang dibuang ke laut.

Jadi Obyek Wisata

Jolene Marie Rotinsulu
Jolene Marie Rotinsulu (Istimewa)

Sungai, menurut Jolene bisa dijadikan destinasi wisata yang dapat dinikmati turis domestik maupun manca negara jika tanpa adanya limbah plastik yang mengganggu. Tak terkecuali Sungai Pesanggrahan yang subur ditumbuhi pepohonan rindang sepanjang bantaran sungai ini.

"Sayang banget padahal air sungai Pesanggrahan masih cukup bersih, kalau saja masyarakat, mulai dari anak-anak remaja, usia dewasa dan orangtua nggak membuang sampah sembarangan, wah, bagus banget. Anak-anak masih banyak yang mandi di kali Pesanggrahan lho!" terang Jolene.

 

Berikan Edukasi

Jolene Marie Rotinsulu
Jolene Marie Rotinsulu (Istimewa)

Di akhir kegiatannya di Limo, Jolene juga mendatangi salah satu sekolah SD/SMP swasta di Limo Depok. Jolene memberikan edukasi kepada anak anak agar mulai membiasakan diri untuk ramah lingkungan, seperti membawa botol minum dan makanan dari rumah, membuang sampah pada tempatnya, serta dapat memilah sampah organik dan non organik.

Jolene juga berencana untuk mensosialisasikan masalah sampah plastik kepada komunitas disablitas dan orang tua (jompo) tangguh. "Ya, pesan moralnya adalah mereka yg dengan keterbatasan saja peduli terhadap lingkungan, seharusnya kita harus lebih peduli lagi dong," tandas Jolene yang juga mengunjungi Komunitas Pegiat Lingkungan Limo, Depok.

Lanjutkan Membaca ↓