Ganeswara, Cara Candil Eks Seurieus Berkontribusi untuk Persatuan Bangsa

Rivan Yuristiawan15 Agu 2019, 13:08 WIB
[Bintang] Candil

Fimela.com, Jakarta Dunia musik memang tak bisa jauh dari musisi Dian Dipa Chandra atau yang akrab disapa dengan sebutan Candil. Mantan vokalis grup band Seurieus itu memiliki cara tersendiri untuk berkontribusi demi persatuan dan kesatuan bangsa yang sempat terpecah lantaran isu politik.

Bersama dengan grup musik Ganeswara, pria asal Bandung, Jawa Barat itu ikut terlibat dalam sebuah project lagu berjudul Hari Baru. Menurut Candil, keterlibatannya dengan grup musik yang merupakan kumpulan dari alumni-alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) itu lantaran memiliki kesamaan visi melihat situasi Indonesia saat ini.

Candil
Candil (Liputan6.com/Gempur M. Surya)

"Ya intinya sih kita punya kegelisahan yang sama, sama kondisi pilpres kemarin kan. Terus ada senior saya alumnus ITB juga, bikin lagu ini (Hari Baru), pokoknya tentang bangkitkan semangat. Dari temanya gua langsung, 'wah ini nih saatnya'. Kita udah punya spirit yang sama nih, jadi cepet banget prosesnya gitu karena memang mungkin tadi ya, auranya udah sama gitu, tinggal temuin kliknya saja," ungkap Candil saat peluncuran lagu dan video klip Hari Baru dalam event Indonesianisme Summit di Jakarta Convention Center, Senayan, Rabu (14/8/2019).

Lagu Hari Baru sendiri diciptakan oleh Toni Sianipar dan melibatkan nama Erwin Badudu sebagai penata musik dan aransemen. Bagi Candil, lagu Hari Baru merupakan jawaban atas kebingungan yang sempat ia alami untuk menyuarakan kegelisahannya terhadap kondisi Indonesia beberapa waktu belakangan.

"Sempat juga berpikir kayak gitu, bikin lagu (tentang persatuan) tapi nggak semudah itu juga kan, bikin lagu entar gue takutnya lagunya lucu, takutnya lagunya nggak cocok sama temanya. Gua merasa kurang kompeten aja untuk bikin lagu tentang ini," paparnya kemudian.

Tegakkan Persatuan

[Fimela] Candil
Candil Eks Seurieus (Nurwahyunan/Fimela.com)

Candil pun berharap, lewat lagu Hari Baru, ia dan Ganeswara bisa kembali mengingatkan masyarakat akan pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa. Terlebih dalam waktu dekat, Indonesia akan merayakan hari jadinya yang ke 74 tahun ditanggal 17 Agustus 2019 mendatang.

"Harapannya gue pengennya kita negeri yang kaya, alangkah sayangnya negeri ini kalau yang yang terjadi bukannya bergerak, tapi kita sibuk bertentang terus, gitu, malah ribut sendiri-sendiri. Makanya kita mulai, yang kemaren (isu politik saat Pilpres) udah lupain, sekarang hari baru nih, bareng-bareng kita jalanin lagi nih, sama-sama kita tunjukkan gimana caranya Indonesia jadi maju," pungkasnya.

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓