Nama Pahlawan HR Rasuna Said Bikin Bingung Arsy Widianto, Kamu Tahu?

Syifa Ismalia16 Agu 2019, 17:24 WIB
[Fimela] Arsy Widianto

Fimela.com, Jakarta Pahlawan HR Rasuna Said dijadikan salah satu nama jalanan di ibu kota, maupun kota besar lainnya. Sayangnya, banyak yang belum mengetahui kepanjangan HR dari nama pahlawan tersebut. Salah satunya penyanyi muda berbakat, Arsy Widianto.

"Aduh apa ya kepanjangan HR itu, hmm aku nggak tahu sih," tuturnya sambil mengingat, saat ditemui Fimela.com, di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (15/8/3019).

[Bintang] Bianca Jodie, Yovie Widianto, dan Arsy Widianto
Bianca Jodie, Yovie Widianto, dan Arsy Widianto (Foto: Instagram/arsywidianto)

Lebih lanjut, anak pertama musisi Yovie Widianto itu mengaku lupa, karena sudah lama tidak mempelajari sejarah. Pasalnya, kini dirinya lebih sering belajar mengenai musik.

"Aduh udah lupa aku, dulu aku anak IPS dan belajar sejarah mulu yah, tapi sekarang aku sibuk di musik jadi kurang tahu, udah lupa," tutur pria yang berzodiak Sagitarius itu.

Ditanya mengenai jenis kelamin pahlawan HR Rasuna Said, Arsy Widianto juga salah menjawabnya. Arsy mengira bahwa HR Rasuna Said adalah seorang laki-laki. "HR Rasuna Said kayaknya cowok deh," kata Arsy sambil tertawa karena salah menjawab.

Faktanya

HR Rasuna Said
HR Rasuna Said (Istimewa)

HR pada nama HR Rasuna Said merupakan singkatan dari Hajjah Rangkayo. Jadi HR Rasuna Said merupakan seorang perempuan. Dirinya adalah seorang pejuang kemerdekaan Indonesia dan juga merupakan pahlawan nasional Indonesia.

Ia merupakan keturunan bangsawan Minang. Ayahnya bernama Muhamad Said, seorang saudagar Minangkabau dan bekas aktivis pergerakan. Seperti halnya RA Kartini, ia juga memperjuangkan adanya persamaan hak antara pria dan wanita. Ia dimakamkan di TMP Kalibata, Jakarta.

Lanjutkan Membaca ↓