Sukses

Entertainment

Lagu-Lagu Nasional Nan Merdu untuk Sambut Hari Kemerdekaan

Fimela.com, Jakarta Musik telah menjadi bagian sejarah perjalanan bangsa Indonesia. Indonesia Raya contohnya yang jadi lagu kebangsaan yang dikumandangkan di acara-acara kenegaraan, olimpiade olahraga, hingga konser musik.

Negara kita juga tak kekurangan seniman yang punya andil dalam menjaga nasionalisme lewat karya-karyanya. Selain lagu nasional, terdapat juga ratusan lagu daerah yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia sebagai monumen dalam bentuk nada.

Lagu nasional memiliki estetikanya tersendiri. Tak hanya mengusung semangat nasionalisme, lagu nasional juga banyak yang menggugah kesadaran kita sebagai bangsa Indonesia dengan cara yang indah.

Berikut sejumlah lagu nasional yang merdu nadanya serta indah pula liriknya. Sambut Hari Kemerdekaan dengan karya-karya terbaik berikut ini.

Tanah Airku

Lagu karangan Ibu Sud ini merupakan salah satu lagu nasional yang begitu menyentuh. Lirik-lirik yang begitu indah jadi kekuatan utama lagu ini. 

Tanah Airku dinyanyikan oleh penyanyi Rita Effendy, dan sempat diaransemen ulang dengan apik oleh Addie MS dan Philharmonic Orchestra. Siapa yang masih terharu setiap mendengar lagu ini?

Rayuan Pulau Kelapa

Rayuan Pulau Kelapa merupakan lagu ciptaan komponis Ismail Marzuki. Menceritakan tentang indahnya negara kita sebagai kepulauan, lagu ini bisa dirasakan dan diimajinasikan melalui guratan liriknya.

Melambai Lambai nyiur di Pantai

Berbisik-bisik Raja Kelana

Memuja pulau nan indah permai

Tanah Airku Indonesia

Ibu Pertiwi

Berikutnya ada lagu Ibu Pertiwi yang juga disusun oleh Ismail Marzuki pada sekitar tahun 1950an. Lagu ini mempersonifikasikan Indonesia dalam sosok Ibu Pertiwi, yang sampai kini jadi salah satu sebutan untuk Nusantara.

Lagu ini memiliki melodi yang sama dengan lagu gospel lama yang ditulis Charles C. Converse pada 1868. Diadaptasi dan digubah liriknya, Ibu Pertiwi jadi lagu yang baru dan punya makna tersendiri bagi Indonesia.

Kebyar Kebyar

Musikus legendaris, Gombloh mendedikasikan salah satu lagunya untuk Indonesia. Lagu berjudul Kebyar Kebyar itu pun kerap dinyanyikan di momen Hari Kemerdekaan seperti sekarang.

Dengan liriknya yang menggugah semangat, lagu ini jadi anthem bagi masyarakat untuk menunjukkan cintanya terhadap Indonesia lewat lagu. Indonesia, merah darahku putih tulangku bersatu dalam semangatmu!

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini:

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading