Sukses

Entertainment

8 Artis Asal Papua yang Sukses di Dunia Hiburan

Fimela.com, Jakarta Papua, bumi Indonesia paling timur ini menyimpan ragam hayati yang sangat kaya, juga kebudayaan yang masih kental. Papua juga merupakan salah satu provinsi paling luas di Indonesia.

Pemandangan alam tiada dua dan kekayaan alam dimiliki oleh daerah yang akrab disebut Bumi Cendrawasih tersebut. Tak heran ketika banyak wisatawan lokal dan asing yang jatuh cinta dengan alamnya.

Dan ternyata tak hanya kekayaan serta pemandangan alam yang dimiliki Papua. Karena bakat-bakat di segala bidang khususnya di dunia entertainment juga muncul dari daerah tersebut.

Bisa dibilang, meskipun jauh dari ibukota, namun generasi muda Papua mampu menjadi refleksi dari bakat, kecerdasan, dan juga semangat yang pantang menyerah.

Tercatat ada beberapa generasi asal Papua yang sukses menekuni kariernya di industri hiburan Tanah Air. Mereka ada yang berkutat di ranah akting, juga musik. Siapa saja? Mari kita simak.

Ari Sihasale

Bernama Juharson Estrella Sihasale atau dikenal dengan nama Ari Sihasale, tentu saja sebuah nama yang akrab di telinga masyarakat. Ari pernah menjadi bagian dari grup vokal Cool Colours pada masamudanya.

Kini pria kelahiran Tembagapura, Papua ini sepertinya memilih film sebagai pekerjaan yang sangat dia cintai. Film pertamanya tentang Papua, DENIAS, SENANDUNG DI ATAS AWAN bahkan menjadi salah satu film terbaik yang pernah dirilis di Indonesia.

Edo Kondologit

Edo Kondologit merupakan salah satu solois bersuara emas di blantika musik Tanah Air dari Papua. Ia merupakan pria kelahiran Sorong. Dan nama Edo Kondologit memang selalu identik dengan Papua.

Evan Sanders

Mungkin sedikit berbeda dengan orang Papua kebanyakan. Namun, pemilik nama Stevanus Alexander ini merupakan anak Papua. Meski lahir di Biak, namun Evan berhasil membuktikan dirinya mampu berkiprah di industri hiburan Indonesia.

Nowela Idol

Nowela Elizabeth Auparay, sosok yang suaranya melengking kuat ini belakangan lebih dikenal dengan nama Nowela Idol. Ya, perempuan campuran Wamena dan Batak ini mampu menjuarai Indonesian Idol musim kedelapan.

Michael Idol

Michael Idol pernah mencuri perhatian publik kala mengikuti ajang pencarian bakat Indonesian Idol. Pria asal Jayapura ini memiliki nama asli Michael Herman Jakarimilena.

Mamat Alkatiri

Nama Mamat dikenal publik usai menjadi juara kedua dalam kompetisi Stand Up Comedy musim ketujuh. Mamat merupakan kelahiran Fakfak, Papua Barat yang mampu bicara di industri hiburan Tanah Air.

Albert Fakdawer

Mungkin dibandingkan dengan nama-nama lainnya, Albert Fakdawer bisa dibilang masih asing. Namun jangan salah, karena dirinya merupakan juara kedua ajang AFI Junior 2004. Ia merupakan pemeran Denias dalam film Denias, Senandung di Atas Awan.

Piala Citra FFI 2006 pun digondolnya sebagai aktor utama terbaik. Albert juga memboyong award sebagai aktor pendatang baru terbaik di Indonesian Movie Awards 2007.

Deva Mahenra

Mungkin tak banyak orang tahu bahwa Deva Mahenra memiliki keterkaitan yang kuat dengan bumi Papua. Dalam pernyataannya kepada media, ia selalu pulang ke Papua karena di sana merupakan keluarga besarnya.

"Saya biasanya mudik ke dua tempat, Makassar dan Papua. Karena keluarga inti saya ada di dua tempat ini, ada di Makassar dan di Papua. Cuma biasanya saya khususkan memang setahun sekali harus pulang, pulangnya ke Papua," jelasnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading