4 Sub Unit K-Pop Berkualitas yang Sayangnya Tak Lagi Terdengar

Nizar Zulmi04 Sep 2019, 08:08 WIB
[Bintang] TaeTiSeo

Fimela.com, Jakarta Konsep sub unit mungkin jadi sebuah project sampingan bagi sebuah grup K-Pop. Meski tren ini sudah agak jarang dijumpai, nyatanya masih banyak fans yang menantikannya.

Saat ini agensi cenderung memotivasi artisnya untuk solo ketimbang sub group. Namun beberapa masih setia dengan konsep grup dalam grup, meski jumlahnya tak sebanyak dulu.

[Bintang] 2 Tahun Debut, Akhirnya EXO CBX Gelar Fan Meeting
EXO-CBX. (Foto: soompi.com)

Salah satu yang cukup konsisten membentuk sub unit adalah SM Entertainment. Di EXO saja mereka punya dua yang masih berjalan, yakni EXO-CBX serta EXO-SC. Belum lagi project Super M yang menyatukan sejumlah bintang ke dalam sebuah boyband.

Nama-nama sub unit K-Pop berikut ini tentunya sudah tak diragukan lagi kualitasnya. Sayang, mereka kini sudah jarang terdengar, bahkan ada juga yang sepertinya mustahil untuk kembali. Siapa saja? Simak daftarnya berikut.

MOBB

MOBB
MOBB, proyect Mino WINNER & Bobby iKON (Foto: www.inquisitr.com)

Kolaborasi dua rapper beda grup ini terdiri dari Bobby iKON dan Mino WINNER. MOBB jadi sebuah project menarik yang dilakukan YG Entertainment. Kedua rapper ini punya talenta, karisma dan karakter masing-masing, dan semua tampak menjanjikan.

Namun sayangnya album yang mereka luncurkan 2016 lalu tak se-hype yang dibayangkan. Meski secara kualitas sangat mumpuni, performa mereka secara angka tak begitu cemerlang.

Sistar19

sistar19-130722b.jpg
Sistar19

Ratu musim panas, SISTAR adalah grup yang juga memiliki sub unit. Bahkan duo yang terdiri dari Hyorin dan Bora ini cukup sukses dengan lagu-lagunya.

Salah satu yang paling ikonik tentunya single Ma Boy dengan koreografinya yang seksi. Sayangnya SISTAR telah bubar dan sulit untuk menyatukan kembali dua idol berbakat tersebut.

TaeTiSeo

[Bintang] TaeTiSeo
TaeTiSeo (AFP/Bintang.com)

Sebagai grup dengan banyak member, Girls Generation memang membuka peluang untuk memiliki sub unit. Mereka pernah memiliki sub unit bernama TaeTiSeo, yang terdiri dari Taeyeon, Tiffany dan Seohyun.

Trio ini cukup awet dengan comeback di setiap musim dingin. Kini ketiganya sudah sibuk dengan kegiatan solo, terutama Taeyeon dan Tiffany. Seohyun saat ini lebih fokus mengembangkan karier di dunia akting.

VIXX LR

VIXX LR
VIXX LR

Kombinasi vokal dan rapper biasanya sangat memadai untuk sebuah sub unit. Itu yang coba diterapkan dalam sub unit VIXX LR. Leo dan Ravi membuktikan diri mereka layak untuk jadi project yang mendulang sukses.

Debut pada 2015 lewat Beautiful Liar, VIXX LR sempat merilis comeback pada 2017 lalu. Sayangnya setelah sekian lama mereka belum juga memberi sinyal akan kembali berkarya. Bagaimana menurut kalian, siapa sub unit di atas yang mungkin akan kembali?

Lanjutkan Membaca ↓