Freddie Mercury, Dari Bohemian Rhapsody Hingga AIDS

Musa Ade05 Sep 2019, 13:24 WIB
Freddie Mercury (AFP)

Fimela.com, Jakarta Siapa sih yang tidak tahu Freddie Mercury? Musisi yang sukses mengantarkan Queen menjadi grup band fenomenal ini berulang tahun pada 5 September 2019. Bersama Queen, ia sudah menggelar kurang lebih 700 konser di berbagai belahan dunia.

Tentu saja perjalanan karier Freddie tidak semudah yang kita bayangkan. Sebelum bergabung bersama Queen, ia pernah bergabung dengan band bernama Ibex yang akhirnya berganti nama menjadi Wreckage. Band ini gagal dan bubar, Freddie pun memutuskan bergabung dengan band Sour Milk Sea. Namun tak lama, band ini juga bubar.

[Bintang] Freddie Mercury
Freddie Mercury

Perjalanan karier Freddie menemui titik terang saat ia bergabung dengan Brian May, Roger Taylor, dan Smile. Mereka sepakat untuk membentuk band baru dan Freddie meminta nama band-nya menjadi Queen. Mereka akhirnya merekut John Deacon untuk menjadi pemain bass.

Freddie Mercury dikenal sebagai musisi yang ahli menyematkan makna di dalam lirik lagunya, salah satu contohnya adalah Bohemian Rhapshody. Judul lagu ini juga dipakai sutradara Bryan Singer dalam film biopik yang mengisahkan Freddie dan Queen.

Akan tetapi pada Oktober 1996, beredar kabar jika Freddie mengidap HIV/AIDS. Freddie pun membantah kabar tersebut, akan tetapi para wartawan terus mencari kebenaran kabar tersebut.

[Bintang] Freddie Mercury
Freddie Mercury (via freddiemercurymagic.tumblr.com

Kecurigaan publik semakin bertambah saat tubuh Freddie semakin kurus dan absen beberapa kali dalam konser Queen. Apalagi sang mantan kekasih menyebutkan jika kondisi Freddie semakin memburuk.

Hingga akhirnya pada 1987, Freddie Mercury resmi didiagnosis mengidap AIDS. Pada Mei 1991, ia terlihat kurus saat tampil di video klip These Are the Days of Our Lives. Video klip tersebut menjadi penampilan Freddie di depan kamera. Tak beberapa lama setelah itu, ia meninggal di rumahnya dii Kensington. Penyebab kematiannya adalah bronkopneumonia akibat AIDS.