Cinta Sejati Habibie dan Ainun Bermuara di Keabadian

Rizky Mulyani12 Sep 2019, 06:24 WIB
6 Potret Kebersamaan BJ Habibie dan Ainun, Dari Muda Hingga Akhir Hayat

ringkasan

  • BJ Habibie meninggal dunia di usia 83 tahun pada 11 September 2019.
  • Presiden ke-3 Indonesia ini membuktikan cinta sejatinya kepada ibu Ainun.
  • Ditinggal Ainun di tahun 2010, kini Habibie yang telah tiada siap bertemu belahan jiwanya di keabadian.
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta “Selamanya…Sampai kita tua…Sampai jadi debu…'Ku di liang yang satu…'Ku di sebelahmu”.

Petikan lirik lagu Banda Neira yang bertajuk 'Sampai Jadi Debu' nampaknya begitu cocok untuk BJ Habibie dan Ainun. Menikah di tahun 1962, keduanya membuktikan kalau cinta sejati memang benar adanya. Bertemu dan menikah di usia muda, keduanya berjuang mengejar mimpi, lalu hidup dan menua bersama, hingga akhirnya hanya maut yang mampu memisahkan mereka.

Tahun 2010, perempuan bernama Hasri Ainun harus pergi lebih dulu lantaran penyakit kanker yang dideritanya. Untuk itu selama sembilan tahun Presiden ke-3 Indonesia ini harus hidup sendiri dan berusaha ikhlas melepas kepergian sang istri. Namun kini, Habibie telah menyusul belahan jiwanya. Tepat tanggal 11 September 2019, BJ Habibie tutup usia. Kini ia telah beristirahat untuk selamanya. Di keabadian, Habibie kembali bersama dengan Ainun. Seperti yang diketahui, liang lahat mereka pun berdampingan di TMP Kalibata, Jakarta.

Laki-laki bernama Bacharuddin Jusuf Habibie atau BJ Habibie adalah sosok yang sangat berharga dan menginspirasi bagi semua kalangan. Selain prestasinya yang gemilang dan membuatnya menjadi salah satu putra bangsa yang membanggakan, kisah cinta BJ Habibie bersama Ibu Ainun tentu juga menjadi hal yang  sangat menarik. Tidak sedikit kawula muda yang menjadikan pasangan ini sebagai panutannya dalam merajut cinta.

Rekaman Cinta Habibie dan Ainun di Film Layar Lebar

[Bintang] Habibie Ainun
Poster film Habibie dan Ainun. Foto: via indonesianfilmcenter.com

Kisah cinta Habibie dan Ainun tentu akan menjadi cerita sepanjang masa, bahkan sudah terekam dalam film layar lebar. Tahun 2012 silam, film drama biopic Indonesia bertajuk 'Habibie & Ainun' ditayangkan. Mengisahkan tentang sosok Habibie dan Ainun yang berjuang mengejar cita-cita dan cintanya. Diceritakan bagaimana proses pertemuan keduanya. Bintang muda Reza Rahadian dipercaya memerankan tokoh yang akrab disapa Eyang Habibie, sedangkan Bunga Citra Lestari sebagai Ainun.

Dalam film tersebut digambarkan sosok Habibie yang romantis terhadap istri tercintanya. Sejumlah kalimat-kalimat romantis diucapkan Habibie, terutama ketika melepas kepergian Ainun untuk selamanya.

“Selamat jalan sayang, cahaya mataku, penyejuk jiwaku, selamat jalan, calon bidadari surgaku,” tutur Reza Rahadian di salah satu adegannya dalam film Habibie & Ainun.

Cinta Habibie untuk Ainun

[Bintang] Habibie
Habibie saat ditemui di lokasi syuting film 'Rudy Habibie' di kawasan, Jakarta Selatan, Kamis,(24/3/2016) mengatakan bahwa bentuk apresiasi media asing terhadap sekuel film Habibie & Ainun. (Nurwahyunan/Bintang.com)

Semasa hidupnya, laki-laki yang hembuskan napas terakhir di usia 83 tahun ini selalu mengutarakan cintanya yang begitu besar terhadap Ainun. Seperti yang terlihat di video klip single Maudy Ayunda yang berjudul ‘Kamu dan Kenangan’, yang juga merupakan ost film Habibie & Ainun 3 nantinya, Habibie mengungkapkan rasa cintanya untuk Ainun.

“Saya mencintai Ainun, tapi Allah yang menciptakan kita semua, lebih cinta Ainun. Saya tidak pernah merasakan ditinggali Ainun, karena beliau selalu berada dalam hati saya,” tutur Habibie.

Sembilan tahun lalu, waktu memisahkan Habibie dan Ainun. Kini, laki-laki bernama lengkap Bacharuddin Jusuf Habibie telah pulang ke pangkuan sang pencipta. Menyusul belahan jiwanya, Hasri Ainun. Mengikuti kisahnya, terbukti kalau cinta sejati mereka pada akhirnya bermuara di keabadian. Selamat jalan, eyang Habibie. Selamat bertemu kembali dengan ibu Ainun. 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓