Suasana Haru di Pemakaman BJ Habibie

Rivan Yuristiawan12 Sep 2019, 15:10 WIB
Dimakamkan Secara Militer, Jenazah BJ Habibie Diserahkan Kepada Negara

Fimela.com, Jakarta Jenazah BJ Habibie sudah sampai di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019). Tepat pukul 13.30 WIB, jenazah diserahkan pihak keluarga ke negara untuk disemayamkan. Presiden Joko Widodo menjadi perwakilan negara yang menerima langsung jenazah Presiden ke-3 Indonesia itu begitu tiba di komplek pemakaman.

Setelah diterima Presiden Joko Widodo, jenazah mendiang BJ Habibie lantas dipapah menuju ke liang lahat dengan dibalut oleh bendera kebangsaan.

Anak BJ Habibie, Ilham Habibie, usai menimbunkan tanah ke liang lahad ayahnya
Anak BJ Habibie, Ilham Habibie, usai menimbunkan tanah ke liang lahad ayahnya. (Liputan6.com/Lizsa Egeham)

Sepanjang perjalanan menuju liang lahat, jenazah BJ Habibie diiringi dengan lafal Tahlil yang dikumandangkan para pelayat. Prosesi pemakaman pun dimulai begitu Presiden Joko Widodo yang bertindak sebagai Inspektur Upacara tiba di posisinya.

Seusai pembacaan riwayat hidup almarhum, Presiden Jokowi pun membacakan apel persada. "Saya Presiden Republik Indonesia atas nama Negara, Bangsa dan TNI dengan ini mempersembahkan ke persada ibu pertiwi jiwa, raga dan jasa-jasa almarhum," ucap Joko Widodo sebagai inspektur upacara.

Setelah membacakan apel persada, prosesi pemakaman secara militer pun berlangsung. Diawali dengan tembakan ke udara, proses pemakaman Bapak Teknologi Nasional pun berlangsung khidmat.

Dimakamkan Secara Militer, Jenazah BJ Habibie Diserahkan Kepada Negara
Anggota Pasukan Paspampres membawa jenazah Presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf Habibie saat prosesi penyerahan jenazah kepada negara di Patra Kuningan, Jakarta, Kamis (12/9/2019). Jenazah BJ Habibie diberangkatkan ke Taman Makam Pahlawan Kalibata untuk dimakamkan. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Lantunan instrumen lagu Gugur Bunga membuat suasana menjadi semakin hening. Sejumlah tokoh dari berbagai lapisan masyarakat tampak haru melepas kepergian BJ Habibie. Selain politikus dan pejabat pemerintahan, tampak juga publik figur seperti Reza Rahadian, Chelsea Islan, dan sutradara Hanung Bramantyo juga turut hadir di sekitar pusara sang tokoh negara.

BJ Habibie meninggal dunia pada Rabu (11/9/2019) petang, pukul 18.05 WIB di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat. Ia pergi meninggalkan dua anak bernama Iham Akbar Habibie dan Thareq Kemal Habibie. Jasad BJ Habibie dimakamkan berdampingan dengan makam istrinya, Ainun yang sudah lebih dahulu meninggal dunia.