Film Cek Toko Sebelah Antre Setahun di Badan Sensor Cina

Sutikno13 Sep 2019, 19:45 WIB
[Fimela] Ernest Prakasa

Fimela.com, Jakarta Film garapan Ernest Prakasa Cek Toko Sebelah menuai sukses besar di Tanah Air. Film yang resmi dirilis di Tanah Air pada Desember 2016 silam itu meraih 2,5 juta penonton. Sukses di Tanah Air, film drama komedi yang juga dibuat versi serial itu juga mengantongi tawaran tayang di bioskop-bioskop Cina.

Namun, film yang dibintangi Ernest Prakasa, Adinia Wirasti, Dion Wiyoko, dan Gisella Anastasia itu hingga kini belum ada kabar kapan ditayangkan. Menurut aktor sekaligus sutradara film tersebut, Ernest, filmnya masih dalam antrean badan sensor di Cina.

[Fimela] Ernest Prakasa
Launching Cek Toko Sebelah The Series (Daniel Kampua/Fimela.com)

Sebagaimana diketahui, bukan hal mudah mendapatkan stempel lulus sensor dan bisa tayang di Negeri Tirai Bambu tersebut. Badan sensor di Cina, tidak hanya ketat produksi dari negara lain, tapi berlaku juga produksi lokal.

"Kita sudah dapat pihak yang akan mendistribusikan di bioskop Cina. Tapi proses sensor di badan sensor Cina itu sangat ketat sekali. Kalau nggak salah prosesnya udah mau setahun deh antre surat sensor," kata Ernest ditemui di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, beberapa hari lalu seperti dilansir dari Kapanlagi.com.

Ernest Yakin Filmnya Aman

[Bintang] Poster Cek Toko Sebelah
Cek Toko Sebelah jadi nominator IBOMA 2017. (Via: instagram.com/ctsmovie)

Meski telah hampir setahun antre menunggu surat lulus sensor dari negara tersebut, Ernest yakin film garapannya bisa lulus sensor. Ia melihat ada beberapa hal yang tak bisa tayang, diantaranya film horor.

"Film Cek Toko Sebelah menurut kita relatif aman. Kalau suratnya sudah dapat, filmnya bisa langsung tayang. Proses sensor ini yang cukup challenging," tambahnya.

Masih menurut Ernest, bila filmnya mendapat surat lolos sensor dan tayang, menjadi kebanggan tersendiri. Berarti, film Cek Toko Sebelah merupakan film pertama dari Indonesia yang tayang di Cina.

"Belum pernah ada film Indonesia yang tayang di bioskop Cina. Kalau dapat surat, CEK TOKO SEBELAH akan menjadi film pertama yang tayang di sana. Sukses atau nggak belum tahu, karena belum ada history seperti apa reaksi masyarakat di sana, baru akan dicoba," ujar Ernest Prakasa lagi.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓