Anaknya Trauma ke Dokter Gigi, Begini Cara Zaskia Adya Mecca Menyiasatinya

Rivan Yuristiawan16 Sep 2019, 21:24 WIB
[Fimela] Zaskia Adya Mecca

Fimela.com, Jakarta Bagi sebagian orang, mengunjungi dokter gigi memang menjadi hal yang menakutkan. Seperangkat alat kedokteran yang terbilang 'menyeramkan' pun semakin menambah citra 'seram' tersebut. Hal demikian pun dialami oleh salah satu anak dari aktris Zaskia Adya Mecca.

Kana Sybilla Bramantyo, putri pertama Zaskia dan Hanung Bramantyo dikatakan sempat mengalami trauma setiap berkunjung ke dokter gigi. Hal tersebut pun membuat Sybill enggam bercerita langsung pada sang dokter terkait masalah gigi yang dialaminya.

"Anak aku punya pengalaman trauma sama dokter gigi. Tiap datang ke dokter gigi, ada malasah gigi, dia milih diam, nggak mau cerita," ujar Zaskia Adya Mecca saat hadir di pembukaan OMDC Dental Clinic cabang Jakarta Timur, di kawasan Rawamangun, akhir pekan ini.

Menurut perempuan 32 tahun itu, traumatik Sybill terhadap dokter gigi tak lain disebabkan oleh suasana klinik dan cara penanganan dokternya yang membuat sang anak kurang nyaman. "Mungkin sebelumnya aku bawa ke klinik anak dokter gigi cuma dokternya mungkin agak galak. Kalau anak kecil ke dokter gigi kan punya treatment masing-masing," terangnya kemudian.

Zaskia Adya Mecca
Zaskia Adya Mecca saat menghadiri OMDC Fest

Berdasarkan pengalaman sang anak itu lah akhirnya Zaskia Adya Mecca mencari jalan lain agar Sybill dan ketiga anaknya yang lain tak merasa takut pada dokter gigi. Dan, salah satu caranya yaitu mencari klinik gigi ramah anak dengan suasana yang nyaman.

"Akhirnya aku bawa ke OMDC, dia trust sama ini karena temennya ke sini juga. Dia lihat, akhirnya dia percaya, nggak takut ke dokter gigi lagi. Dokter kan biasanya mamanya di luar, anaknya di dalam, sedangkan ke OMDC orang tuanya diajak ke dalam, duduk bareng anak," papar Zaskia Adya Mecca.

Sementara itu, drg. Oktri Mahessa selaku pemilik dari OMDC Dental Clinic menuturkan, suasana yang nyaman memang sangat diperlukan untuk membuat anak tak takut pergi ke dokter gigi. Maka dari itu, sebisa mungkin ia menata klinik giginya dengan tema-tema yang jauh dari kesan angker kebanyakan klinik gigi yang ada.

Untuk klinik terbarunya di kawasan Rawamangun, ia dan sang suami mengusung tema Beauty Salon & Barbershop untuk interiornya. Disamping itu, pemilihan warna fuchsia juga menambah suasana nyaman bagi para pasien yang datang.

Puluhan Artis meriahkan OMDC Fest
Puluhan Artis meriahkan OMDC Fest

"Anak semenjak dini harusnya diajak aja ke dokter gigi, jangan sampai menimbulkan trauma pada anak. Kayak Kia, dia selalu bawa anak ke dokter kalau perawatan biar anaknya lihat biar dulu orangtuanya perawatan di dokter, biarkan dia lihat bahwa ini sesuatu yang nyaman untuk dia. Dari situ akan timbul paradigma positif sehingga dia (anak) kooperatif saat diajak ke dokter," kata drg. Oktri Mahessa.

OMDC Dental Clinic sendiri merupakan klinik gigi yang mengusung misi sosial dan memiliki konsep unik di setiap cabangnya. Dalam rangka pembukaan cabang keenamnya, mereka juga mengadakan OMDC Fest yang dihadiri oleh beberapa selebritas dan para ibu muda dari Komunitas Ibu Cerdas.

Kedepannya, drg.Oktri Manessa bersama Co-founder OMDC Dental Clinic, Toto Syarief berencana melebarkan sayap di tahun 2020 ke seluruh penjuru Nusantara.

"Ini baru awal, di tahun 2020 nanti kami akan mengadakan OMDC Nusantara Poject, dimana kita akan mem-fuchsia-kan seluruh Indonesia dimulai dari Bali dan dilanjutkan ke 10 kota besar dari Sabang-Merauke," pungkasnya.