Umumkan Status Gender, Sam Smith Inginkan Sebutan Ini

Rizky Mulyani19 Sep 2019, 08:24 WIB
[Fimela] Sam Smith

Fimela.com, Jakarta Sam Smith akhirnya menjawab segala pertanyaan publik selama ini mengenai status gendernya. Bulan Maret lalu, ia mengumumkan kalau dirinya adalah seorang non-binary. Nah, belum lama ini ia meminta orang-orang memanggilnya bukan dengan sebutan, “He atau She,” melainkan dengan sebutan, “They atau Them.”

Melansir dari Refinery 29 (16/9/2019), Sam menuliskan sebuah thread di akun Twitter pribadinya mengenai sebutan untuk dirinya.

“Hari ini merupakan hari yang baik. Aku memutuskan untuk mengubah sebutan ku dengan THEY/THEM,” tulis Sam di akun Twitternya.

[FIMELA] Tulisan Sam Smith di Twitter
Tulisan Sam Smith di Twitter (FOTO: Twitter/samsmith)

Sam Smith pun menuliskan beberapa thread untuk menjelaskan ke publik mengenai keputusan yang telah dibuatnya belum lama ini.

“Setelah seumur hidup aku berperang dengan gender ku, aku memutuskan untuk menerima diriku dengan apa adanya, luar dan dalam. Aku sangat bersemangat dan merasa istimewa berada di sekitar orang-orang yang mendukungku tentang keputusan yang telah aku buat,” ujar Sam Smith

“Walaupun aku merasa sangat gugup ketika aku hendak mengumumkan hal ini karena aku terlalu peduli tentang apa yang orang-orang akan pikirkan mengenai diriku. Aku harap kalian bisa melihat diriku sebagaimana aku melihat diriku saat ini. Terimakasih,” lanjut Sam Smith menuliskan.

[Fimela] Sam Smith
Sam Smith (FOTO: Splashnews)

Cukup panjang Sam Smith menjelaskan soal keputusannya tersebut. Namun di beberapa thread terakhirnya ia menuliskan bahwa dirinya memang belum siap untuk mengatakannya secara lantang kepada orang-orang. Namun Sam Smith tidak menutup diri jika ke depannya ada orang-orang yang ingin bertanya kepada dirinya mengenai non-binary dan sebagainya.

 “Untuk catatan, aku belum berada di tahap di mana aku bisa berbicara dengan fasih dan menjelaskan dengan secara keseluruhan tentang apa yang dimaksud dengan menjadi orang yang non-binary, tapi aku tidak bisa menunggu hari di mana aku menjadi diriku. Untuk saat ini, aku ingin TERLIHAT dan terbuka. Jika kalian memiliki pertanyaan dan bingung apa arti semua itu, aku akan mencoba menjawab dan menjelaskan sebaik yang aku bisa,” pungkas Sam Smith dalam tulisannya.

Penulis: Anindyta Aprilia

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓