Cara Christian Sugiono dan Titi Kamal Ajarkan Anak Kebiasaan Mencuci Tangan

Rivan Yuristiawan17 Okt 2019, 18:24 WIB
[Fimela] Christian Sugiono dan Titi Kamal

Fimela.com, Jakarta Menjaga pola hidup bersih pada anak memang terkesan mudah dilakukan. Namun pada prakteknya, hal tersebut cukup sulit dilakukan, terutama pada anak-anak yang sudah mulai beranjak besar. Hal itu pun diakui oleh pasangan Christian Sugiono dan Titi Kamal.

Diakui keduanya, sang sulung, Juna yang kini berusia 6 tahun sudah memiliki banyak aktifitas di luar rumah. Sebisa mungkin, baik Tian maupun Titi pun mengajarkan anaknya tersebut agar terbiasa mencuci tangan setiap selesai berkegiatan, khususnya di luar rumah.

"Anakku Juna mau beranjak 6 tahun, kalau masih kecil kita jagain di rumah. Sekarang pulang sekolah punya kegiatan. Kami, takut dia terpapar (kuman dan bakteri). Jadi kami bangun pondasi dengan ajarkan anak cuci tangan sendiri. Antara kerjasama ayah dan ibu juga harus baik, saya berterima kasih kepada Titi yang ajarkan anak cuci tangan," ucap Christian Sugiono dalam peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia yang digelar di SDN 01 Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (15/10/2019).

 

Tumbuhkan Kesadaran

[Fimela] Christian Sugiono dan Titi Kamal[Fimela] Christian Sugiono dan Titi Kamal
(Adrian Putra/Fimela.com)

Meski terkesan mudah, namun nyatanya membiasakan anak-anak untuk mencuci tangan setiap selesai berkegiatan terbilang sulit untuk dipraktekan. Titi Kamal pun memiliki cara tersendiri untuk menumbuhkan kesadaran tersebut pada anak-anaknya.

Salah satu cara ampuh menurut Titi Kamal untuk menumbuhkan kesadaran pola hidup sehat pada anak yaitu dengan cara memberikan edukasi lewat hal-hal yang menarik perhatian sang buah hati. Titi pun lantas memberi contoh bagaimana ia dan sang suami mengajarkan Juna tentang pentingnya mencuci tangan setiap saat.

"Kami sebagai ayah-ibu harus kompak memberikan pendidikan kepada anak, itu pondasi awal. Peran aku sebagai ibu gimana menanamkan gaya hidup sehat seperti cuci tangan setelah makan, bermain, dan ke toilet. Aku kasih lihat tayangan kalau terkena kuman gimana. Dengan dia sudah ada pemikiran seperti itu, aku sudah nggak khawatir lagi karena dia sudah sadar," terang Titi Kamal.

Memberikan Contoh

[Fimela] Christian Sugiono dan Titi Kamal
(Adrian Putra/Fimela.com)

Selain mengedukasi dengan cara yang menyenangkan, hal lain yang tak kalah penting dilakukan orangtua untuk menumbuhkan kesadaran anak terhadap pentingnya mencuci tangan ialah dengan memberikan contoh.

Menurut Christian Sugiono, sebagai orangtua, ia dan Titi Kamal selalu berusaha untuk menerapkan hal tersebut di rumah, pada seluruh anggota keluarganya.

"Kami sebagai orangtua juga harus beri contoh. Anak dikasih tahu ini, itu kalau nggak ada contoh akan susah. Jadi kami makan pagi, siang, malam, kami selalu cuci tangan. Itu sudah semacam ritual kami. Paling gampang beri contoh. Kalau nggak ya gitu-gitu aja," pungkas Christian Sugiono.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓