Member BTS Akan Jalani Wajib Militer Tahun Ini?

Nizar Zulmi22 Okt 2019, 16:08 WIB
[Bintang] 8 Idol K-Pop yang Kerap Dikira  Sebagai Maknae

Fimela.com, Jakarta Belakangan fans BTS dibuat heboh dengan isu yang beredar di luar sana. Rumor itu menyebut bahwa salah satu member BTS akan menjalani wajib militer sebelum masuk tahun 2020.

Santer dikabarkan Jin adalah member yang akan terlebih dulu mengabdi pada negara. Sebagai member tertua usianya memang sudah cukup, karena ia hanya punya beberapa tahun tersisa sebelum bertugas.

Kabar Jin akan wajib militer dipicu oleh pernyataan Ahn Min Suk, ketua komite kebudayaan, olahraga dan pariwisata Korea Selatan. Ia menyatakan jika idol sesukses BTS pun tak dapat perlakuan khusus terkait wajib militer.

"Sepertinya satu member BTS akan masuk wamil tahun ini. Tampaknya takkan ada perlakuan khusus terhadap para artis pop culture terkait wajib militer," ujar sang anggota dewan dilansir dari Soompi (21/10).

Respon Agensi

[Bintang] Tetap Rendah Hati, BTS Kebanjiran Pujian dari Wartawan
BTS (Foto: Soompi.com)

Isu tersebut menjadi perbincangan hangat para penggemar di social media. Agensi pun memberi tanggapan karena banyaknya pertanyaan yang mereka dapat.

Nyatanya isu tersebut hanya spekulasi semata. "Entah dari mana berita ini muncul, tapi semua rumor tentang pendaftaran wajib militer tahun ini tidak benar," ujar perwakilan agensi (21/10).

BTS dan Wajib Militer

[Bintang] Begini Cara V dan Jin BTS Mengatasi Pertengkaran di Antara Mereka
BTS (Foto: Soompi.com)

BTS memang jadi salah satu ikon K-Pop terbesar saat ini di dunia. Prestasi internasional telah mereka raih berkat talenta dan kerja keras para member dan staff agensi. Dan karena pengaruhnya yang sedemikian global, sejumlah kalangan menilai BTS layak dikecualikan dari kewajiban bela negara.

Perdebatan dan adu argumen masih bergulir tentang wacana tersebut, hingga ke ranah pemerintahan. Namun sejauh ini belum diputuskan apakah pengecualian tersebut akan benar-benar diterapkan.

Sementara itu ARMY sendiri tak keberatan jika memang BTS harus wamil. Namun mereka berharap setidaknya para member dijadwalkan dalam waktu yang berdekatan, sehingga mereka tetap bisa melakukan tugas lalu kembali mengharumkan nama Korea Selatan.

Bagaimana menurutmu, apakah BTS layak diloloskan dari kewajiban militer?

Simak juga video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓