Anaknya Dibawa ke Rumah Sakit, Kartika Putri Merasa Bersalah

Rivan Yuristiawan28 Okt 2019, 20:24 WIB
Kartika Putri dan suami

Fimela.com, Jakarta Anak Kartika Putri dan Habib Usman Bin Yahya, Khalisa Aghnia Bahira harus dilarikan ke rumah sakit pada Sabtu (26/10/2019). Bayi yang baru berusia beberapa hari itu harus dimasukkan ke dalam inkobator lantaran kadar bilirubinnya yang cukup tinggi. Sebagai orangtua, Kartika Putri pun merasa bersedih.

Bahkan, Kartika Putri sempat menangis lantaran panik melihat anaknya. Hal itu disampaikan sang suami, Habib Usman Bin Yahya kepada awak media, Minggu (27/10/2019) malam.

"Dari hari Rabu, itu (tubuh bayinya) sudah kuning, hari Kamis juga kuning. Pas hari Jumatnya sudah mulai di pegang tuh kuning banget, Sabtu kita periksa ke rumah sakit. Kata dokter harus periksa darah. Akhirnya kita periksa darah, diambil darahnya. Heboh banget, Kartika Putri udah nangis. Nggak tega, kasihan, ngeliat anaknya diambil darah. Pas periksa darah, lihat hasilnya bilirubinnya tinggi 17," ungkap Habib Usman Bin Yahya di RS Brawijaya.

Merasa Bersalah

[Fimela] Kartika Putri dan Habib Usman Bin Yahya
Kartika Putri dan Habib Usman Bin Yahya (Muhammad Akrom Sukarya/© KapanLagi.com)

Mengenai penyebab pasti sang anak mengalami kelebihan kadar bilirubin, Kartika Putri mengaku masih bingung. Namun, sebagai seorang ibu yang bertanggung jawab tentang semua hal yang terjadi pada anaknya, ia mengaku merasa bersalah atas apa yang terjadi.

"Penyebabnya juga aku jadi, apa akunya yang salah ya. Masih kurang tau sih soal billirubin itu kenapa karena kalau nanya ke orang suka, 'normal kok bayi yang baru lahir'. Karena mungkin aku baru ngurus sendiri juga kaya banyak nyalahin diri sendiri," papar Karput.

Sebagai Pembelajaran

[Fimela] Kartika Putri dan Habib Usman Bin Yahya
Kartika Putri dan Habib Usman Bin Yahya (Muhammad Akrom Sukarya/© KapanLagi.com)

Atas apa yang terjadi pada Khalisa, Karput pun mengaku jika pengalamannya ini adalah sebuah pembelajaran berharga. Sebagai orangtua baru, ia merasa harus lebih aware atas kondisi sang anak agar hal-hal serupa tidak terjadi lagi di waktu mendatang.

"Aku nggak tau penyebabnya apa, jadi kayak lebih aware aja sekarang. Besok mau cek semuanya yang lengkap degdegan aja. Awalnya juga santai-santai saja ke RS, nggak kepikiran sampai begitu. Aku kan mungkin kaget ya yang bener-bener abis ngelahirin kondisi fisiknya masih belum pulih terus ditambah lagi handle semua sendiri," pungkas Kartika Putri.

Ketahuilah bahwa setiap perempuan terlahir istimewa. Yuk, Grow Fearless bersama Fimela. Daftar untuk mengikuti berbagai kelas inspiratif di FIMELA FEST 2019 di sini.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓