Ranty Maria Isi Suara di Titus-Mystery of The Enygma

Syifa Ismalia09 Des 2019, 14:45 WIB
Ranty Maria

Fimela.com, Jakarta Biasa akting, Ranty Maria akhirnya mencoba melebarkan sayapnya untuk mengisi suara (dubbing) di film animasi rumah produksi MNC Pictures, Titus - Mystery of The Enygma.

"Aku pertama kali, aku waktu itu dubbing untuk film cuma 1 line doang dan nggak pakai gerakan karena cuma masalah ada suara motor jadi ini pertama kalinya aku dubbing," ujar Ranty Maria usai preskon official Poster & Trailer Titus - Mystery of The Enygma, di kawasan Kebon Jeruk, Kamis (5/12/2019).

Dalam film tersebut, dirinya mengisi suara untuk peran Fyra, sosok si ambisius, tomboy, dan cerdas. Menurutnya sangat berbeda sekali dengan karakter aslinya.

"Jadi sebenarnya Fyra itu benar-benar beda dari Ranty karena Ranty tuh nggak tomboy kaya Fyra, Fyra tuh cara ngomongnya sangat tegas dan dia to the point orangnya dan ada beberapa kaya ketawanya, ada beberapa gestur bicaranya yang benar-benar bukan aku banget," tuturnya.

Sempat Kesulitan

Ranty Maria
Ranty Maria (Fimela.com/Syifa Ismalia)

Diakui Ranty Maria, dirinya sempat kesulitan untuk memerankan karakter Fyra ini. Bukan karena sikapnya beda dengannya saja, namun lantaran dirinya hanya mengisi suara saja, bukan akting.

"Jadi sebenarnya susah banget buat aku untuk bangun karakter dia, apalagi aku sebenarnya nggak bisa ngelakuin apa yang Fyra lakuin karena banyak adegan yang harus berimajinasi, jadi jujur itu aku susah banget isi suara dia teriak, ketabrak, loncat dengan aku tanpa melakukan, karena pas ngisi suara aku nggak boleh gerak kan," ujarnya.

"Kalau ada suara kaki masuk harus ngulang jadi jujur pertama kali dubbing kesulitan iya tapi untungnya dibantu ada kakak-kakak yang bantu, dan aku juga bisa denger suara Arbani yang udah duluan take jadi aku ada sedikit keuntungan ada patokan, oh Arbani gini suaranya. Jadi aku bisa ngikutin. Tapi semuanya seru banget karena aku sehari ngerjainnya berjam jam duduk di kursi yang sama tapi seru banget sih," tambahnya.

Beda Treatment dengan Akting

[Fimela] Ranty Maria
(Instagram/rantymaria)

Lebih lanjut Ranty Maria mengatakan bahwa treatment untuk menjalani dubbing sangat berbeda dengan akting.

"Beda banget sih karena jujur kalo dubbing itu kita harus benar-benar harus punya suara yang clear dan bersih jadi nggak bisa ada suara yang kotor. Kalau yang acting kalau kita nangis ada suara fals kita ada yang tiba-tiba abis itu sah banget karna kan tergantung bawa perasaan kan," imbuhnya

"Apalagi karena bioskop itu layarnya sangat besar jadi pengucapan kita sama si mulut karakternya harus pas banget , dan itu benar-benar susah banget. Dan aku juga harus ganti juga dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesianya dan harus durasi selama mulutnya itu sulit banget sih aku, tapi seru," tambahnya.

Tentang Film

[Fimela] Ranty Maria
(Instagram/rantymaria)

Film animasi Titus ini bercerita tentang Titus sebagi tikus detektif yang sangat menyukai enigma. Ia bersama kedua temannya berusaha membongkar kejahatan yang terjadi di kota Steamburg.

Salah satu musuh terbesar mereka adalah kucing bernama Bulpan. Untuk menyembunyikan kejahatan yang dilakukan Bulpan, dirinya memiliki profesi lain, yaitu sebagai pebisnis properti dan energi hingga sosoknya terkenal di kota Steamburg.

Tak saja Ranty Maria saja yang ikut memberikan suaranya di film animasi Tanah Air ini, namun Arbani Yasiz (Titus), Lukman Sardi (Bobit), Robby Purba (Bulpan), Special cameo dari Jessica Tanoesoedibjo (Jessica).

Saksikan Video Menarik Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓