Sukses

Entertainment

Kaleidoskop 2019: Sederet Film Akbar yang Dirilis

Fimela.com, Jakarta Sepanjang tahun 2019 industri perfilman dalam dan luar negeri telah sukses menyuguhkan tontonan yang menghibur. Para sineas berlomba-lomba melahirkan karya terbaiknya lewat berbagai judul dan genre film.

Seperti halnya di Indonesia, ratusan judul film telah hadir. Mulai dari film komedi, drama, horror, dan action. Tidak hanya sukses di negeri sendiri, beberapa di antaranya bahkan telah mengharumkan nama bangsa dengan meraih prestasi di kancah internasional.

Begitu juga dengan film luar negeri yang telah mewarnai dunia perfilman di Indonesia. Tak jarang film-film mereka menjadi penantian lama. Terutama film-film dari rumah produksi besar seperti Marvel Cinematic Universe (MCU) dan Disney yang pastinya memiliki ruang tersendiri di hati para penggemarnya.

Berikut Fimela.com telah merangkum film akbar dalam dan luar negeri yang dirilis tahun 2019 dan memiliki jumlah penonton serta keuntungan terbanyak.

Film Indonesia

Mengutip dari filmindonesia.or.id, Dilan 1991 sukses menjadi film dengan jumlah penonton tertinggi tahun 2019. Untuk lima teratasnya,  disusul Dua Garis Biru, Danur: Sunyaruri, My Stupid Boss dan Perempuan Tanah Jahanam.

Dilan 1991

Film bergenre drama yang mengisahkan tentang percintaan anak remaja ini sukses mencuri perhatian pencinta film di Indonesia. Karakter Dilan sebagai anak remaja laki-laki ini juga berhasil banget membuat baper banyak perempuan karena gombalan-gombalan dan sikapnya yang romantic.

Diadaptasi dari novel yang berjudul sama karya Pidi Baiq, film yang dirilis pada Februari 2019 ini telah ditonton sebanyak 5.252.411 orang. Meskipun angka tersebut masih kalah dengan film sebelumnya, Dilan 1990 yang berhasil disaksikan oleh 6.315.664 orang.

Iqbaal Ramadhan dan Vanesha Prescilla menjadi tokoh utama di film garapan sutradara Fajar Bustomi dan Pidi Baiq ini. Iqbaal dan Vanesha berperdan sebagai Dilan dan Milea.

Dua Garis Biru

Sempat dilarang tayang, film Dua Garis Biru ini justru telah ditonton oleh 2.538.473 orang. Dibintangi oleh Adhisty Zara menjadi Dara dan Angga Yunanda sebagai Bima, film ini disutradarai oleh Gina S Noer.

Film yang tayang pada 11 Juli 2019 lalu ini telah meraih banyak penghargaan. 11 penghargaan di ajang Piala Citra 2019 berhasil diraihnya.

Tak hanya di Indonesia, film Dua Garis Biru ini juga telah tayang di negara Malaysia pada bulan Oktober lalu.

Danur 3: Sunyaruri

Masih dibintangi Prilly Latuconsina, film Danur 3: Sunyaruri ini telah ditonton sebanyak 2.411.036 orang. Di bulan September 2019 kemarin, film garapan sutradara Awi Suryadi ini tayang di seluruh bioskop tanah air.

Film bergenre horror ini merupakan film ketiga setelah Danur dan Danur 2: Maddah. Tak lupa, kisah dalam film ini juga merupakan adaptasi dari novel karya Risa Saraswati. Menceritakan tentang lima hantu anak-anak dari film sebelumnya, yakni Peter, William, Janshen, Hans, dan Hendrick.

My Stupid Boss 2

Film yang dibintangi Reza Rahadian dan Bunga Citra Lestari ini berada di urutan keempat dengan jumlah penonton terbanyak.

My Stupid Boss, tayang pada 28 Maret 2019 lalu telah disaksikan sebanyak 1.876.052 penonton. Selain itu, film garapan sutradara Upi ini telah mendapatkan sejumlah penghargaan. Empat kategori di Piala Citra berhasil diraihnya.

 

Perempuan Tanah Jahanam

Film bergenre horror karya Joko Anwar ini cukup memiliki ruang tersendiri bagi para penggemarnya. Perempuan Tanah Jahanam, tayang pada 17 Oktober 2019 lalu telah ditonton sebanyak 1.795.068 orang.

Marissa Anita, Tarra Basro dan Asmara Abigail membintangi film ini. Bersama juga dengan Christin Hakim dan beberapa pemeran papan atas lainnya.

Beberapa prestasi pun diraih oleh film yang memiliki judul Impetigore di kancah internasional. Belum lama, kabar membahagiakan bahwa film ini menembus Sundance Film Festival 2020.

Film Luar Negeri

Sederet film luar negeri, terutama Hollywood juga telah menghiasi dunia perfilman sepanjang tahun 2019. Mengutip dari boxofficemojo.com, berikut film-film luar negeri dengan jumlah keuntungan terbanyak, lima teratas.

Avengers: Endgame

Menjadi salah satu film yang fenomenal di tahun 2019, Avengers: Endgame yang rilis pada 24 April 2019 lalu ini menjadi salah satu film Marvel yang paling dinantikan. Berdurasi selama tiga jam, masyarakat pun berbondong-bondong menonton. Bahkan mereka rela datang ke bioskop saat dini hari.

Film ini merupakan lanjutan Avengers Infinity War, di mana Thanos berhasil mendapatkan semua infinity stones dan memusnahkan 50% mahluk hidup di alam semesta.

Bicara soal keuntungan, Avengers: Endgame telah meraup keuntungan lebih dari USD 2,7 miliar atau Rp 28 triliun di seluruh dunia.

The Lion King

Film petualangan Amerika Serikat bertajuk The Lion King ini rilis pada 19 Juli 2019 lalu. Mengisahkan tentang Simba, singa muda yang melarikan diri dari kelompoknya setelah sang ayah mati terbunuh. Tujuan Simba melarikan diri adalah untuk mempelajari makna dari sebuah tanggung jawab dan keberanian.

Berhasil memikat hati para penggemarnya, film ini pun meraih keuntungan lebih dari USD 1,6 miliar atau setara dengan Rp 22 triliun.

Spider-Man: Far from Home

Kembali dengan film garapan rumah produksi Marvel Studios yang bekerjasama dengan Columbia Pictures dan didistribusikan oleh Sony Pictures Releasing, Spider-Man: Far from Home juga menjadi film yang dinantikan.

Mengisahkan tentang pahlawan super Amerika Serikat berdasarkan karakter Marvel Comics. Peter Parker yang diperankan Tom Holland kala itu tengah berkunjung ke Eropa untuk liburan panjang bersama teman-temannya. Namun ia menjadi tidak tenang saat Nick Fury datang tiba-tiba ke kamar hotelnya.

Bukan hanya itu, banyak musuh yang harus dihadapi selama berada di Eropa. Mulai dari Hydro Man, Sandman, dan Molten Man. Soal keuntungan yang diraih, film ini berada di urutan ketiga. Sekitar USD 1,1 miliar atau Rp 15 triliun jumlah keuntungan yang diraihnya.

Capten Marvel

Masih dari film Marvel Studios, kali ini ada Captain Marvel yang juga merupakan karakter dari superhero. Maret 2019 lalu, film ini rilis. Mengisahkan tentang superhero yang bernama Carol Danvers ini yang awalnya adalah seorang pilot luar angkasa. Awalnya, ia mendapat kekuatan dari alien.

Soal keuntungan, film ini juga meraih keuntungan kurang lebih sekitar USD 1,1 miliar atau Rp 15 triliun.

Toy Story 4

Film animasi produksi Walt Disney Pictures, Toy Story 4 juga berhasil menarik perhatian masyarakat. Terutama kalangan anak-anak. Mengisahkan tentang lanjutan cerita Woody yang sealu merasa percaya diri tentang keberadaannya di dunia. Prioritas ia adalah menjaga anak, Andy dan Bonnie.

Kisahnya ketika Bonnie memiliki mainan baru bernama Forky di kamarnya, sebuah pengembaraan dengan teman-teman lama dan baru membawa Woody melihat betapa besarnya dunia bagi dirinya yang merupakan sebuah mainan.

Untuk keuntungannya, film ini telah meraih kurang lebih sekitar USD 1 miliar atau sekitar Rp 14 triliun.

Saksikan Video Pilihan Berikut

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading