Kaleidoskop 2019: 5 selebriti Korea yang Bunuh Diri karena Depresi

Lanny Kusumastuti27 Des 2019, 14:24 WIB
Kaleidoskop 2019:  5 selebriti Korea yang Bunuh Diri karena Depresi

Fimela.com, Jakarta Setiap orang tentu menginginkan kehidupan yang bahagia, tanpa tekanan, apalagi harus memikirkan omongan orang lain. Sayangnya kehidupan tersebut tak mudah didapatkan, bahkan telah membuat banyak orang, termasuk para selebriti Korea mengalami depresi hingga memilih mengkahiri hidup karenanya.

Menjalani kehidupan sebagai seorang selebriti memang tak mudah, mereka pun kerap merasakan sakit karena sorotan yang terus mengikutinya. Kritik dan komentar negatif menjadi makanan sehari-hari dan kerap membuat mereka merasa terjatuh dan hal tersebut menjadi pengingat betapa pentingnya untuk peduli pada kesehatan mental, juga menjaga lisan agar tak menyakiti orang lain.

Ilustrasi depresi (2)
Ilustrasi depresi. (Sumber: Pexels)

Ya, di era digital ini tak sedikit orang yang bisa dengan mudah melontarkan kata-kata menyakitkan, menuntut orang lain untuk tampil sempurna, juga menyalahi mereka yang bersebrangan paham.

Goo Hara dan Sulli adalah beberapa contoh selebriti Korea Selatan yang menderita karenanya hingga mengalami depresi. Dan berikut ini adalah lima selebriti Korea yang menderita depresi hingga memutuskan bunuh diri.

Goo HaraGoo Hara

Goo Hara (Soompi)
Goo Hara (Soompi)

Mantan personel grup Kara ini ditemukan tak bernyawa di kediamannya, kawasan Cheongdam yang terletak di Gangnam, Seoul, pada 24 November 2019.

Sebelumnya pada bulan Mei 2019, penyanyi kelahiran 13 Januari 1991 ini sempat melakukan upaya bunuh diri, namun berhasil diselamatkan oleh manajernya.

Terkait keputusannya mengakhiri hidup, depresi menjadi alasan atas tindakannya tersebut. Melansir laman AllKpop, Goo Hara sempat mengunggah pesan yang menyebut dirinya merasa sakit dan lelah menghadapi ucapan negatif yang ditujukkan kepadanya.

Sulli

[Bintang] Jarang Muncul, Sulli Comeback dengan Reality Show Terbaru
Sulli (Foto: instagram.com/jelly_jilli)

Aktris yang memiliki nama lahir Choi Ji Ri ini meninggal pada 14 Oktober 2019, yang mana depresi disebut jadi alasan dibalik keputusannya mengakhiri hidup.

Hal tersebut diungkap pihak kepolisian yang menyelidiki kematian Sulli. Dalam keterangan resminya disebutkan jika Sulli menderita depresi.

Sebelumnya saat muncul di acara Reply Night, Sulli menyebut hedupnya tak bahagia seperti yang terlihat, bahkan ia merasa kehidupan aslinya begitu gelap.

Kim Jong Hyun

[Bintang] Tempat Penghormatan Jonghyun SHINee, Ini Pesan Menyentuh Agensi
Jonghyun SHINee meninggal pada 18 Desember 2017. (CHOI Hyuk/pool/AFP)

Leader boybad SHINee ini meninggal pada 18 Desember 2017. Jong Hyun ditemukan tak bernyawa di apartemennya di kawasan Gangnam, Seoul, setelah ia menghirup gas karbon monoksida dari briket batubara yang dibakarnya sendiri.

Depresi disebut jadi alasan Jong Hyun mengakhiri hidupnya. Sebelumnya dalam wawancara dengan Blue Night Radio di tahun 2016, pria kelahiran 8 April 1990 ini menyebut dirinya mengidap seasonal affective disorder (SAD) atau gangguan afektif musiman.

SAD yang dialami Jong Hyun memiliki gejala seperti sulit tidur, merasa tertekan, menarik diri dari lingkungan sosial, mudah tersinggung dan marah.

Park Yong Ha

[Bintang] 8 Artis Korea yang Meninggal Dunia Karena Bunuh Diri
Park Yong Ha ditemukan tewas gantung diri di rumahnya pada tahun 2010 silam. Ia diduga frustasi dan bersalah karena kanker perut yang diderita ayahnya. (Foto: pinterest.com)

Aktor yang memintangi serial drama "Winter Sonata" ini juga meninggal karena memutuskan bunuh diri. Depresi pun jadi salah satu dugaan Yong Ha mengakhiri hidup.

Selain itu, tekanan dari bisnis yang dijalani dan kondisi ayahnya yang menderita kanker juga disebut jadi alasan Yong Ha menyudahi hidupnya.

Joen Mi Seon

Joen Mi Seon
Joen Mi Seon (Foto: AsiaOne)

Aktris Joen Mi Seon juga menjadi salah satu selebriti Korea Selatan yang memutuskan untuk bunuh diri. Melansir laman Asia One, Mi Seon ditemukan tak bernyawa di kamar mandi hotelnya di Jeonju, Korea Selatan pada 29 Juni 2019.

Agensinya menyebut jika Mi Seon memutuskan bunuh diri setelah mengalami depresi. Lebih lanjut, hasil investigasi polisi menyebut jika kondisi emosional sang aktris terganggu karena sakit yang diderita ibunya, serta kematian kerabatnya.

Sebelum meninggal, Jeon Mi Seon sempat menelpon ayahnya, tepatnya pada pukul 2 dini hari waktu setempat. Setelah panggian tersebut, kerabatnya pun menghubungi Mi Seon namun tak diangkatnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓