Usai Gelar Kerajaan Pangeran Harry - Meghan Markle, Ini Tanggapan Ratu Elizabeth II

Musa Ade22 Jan 2020, 06:24 WIB
Pernikahan Meghan Markle - Pangeran Harry.

Fimela.com, Jakarta Melalui pernyataan yang dirilis oleh Ratu Elizabeth II, Pangeran Harry dan Meghan Markle resmi melepas gelar HRH (His/Her Royal Highness) dan mengundurkan diri dari segala kegiatan kerajaan Inggris. Setelah tak lagi menjadi anggota kerajaan, pasangan ini nantinya diizinkn untuk mencari pekerjaan sendiri setelah mereka tak menerima uang dari Soverign Grant.

Seperti dilansir dari People, Pangeran Charles dikabarkan menawarkan bantuan finansia kepada Harry dan Meghan tidak lama setelah kesepakatan dengan Ratu Elizabeth II tercpai. Walaupun begitu, belum ada konfirmasi apa pun dari pihak kerajaan tentang kabar ini.

Dalam rilisnya, Ratu Elizabeth II menyebut jika sudah menemukan cara yang tepat untuk mendukung Pangeran Harry dan Meghan Markle setelah gelar kerajaannya resmi dicabut. Akan tetapi hal tersebut belum diungkap secara jelas.

Ratu Elizabeth II juga paham aturan kerajaan yang ketat sehingga membuat Pangeran Harry dan Meghan Markle memutuskan untuk mundur dari kerajaan. "Saya memahami tantangan yang mereka hadapi sebagai hasil dari pengawasan yang ketat selama dua tahun terakhir. Sehingga saya mendukung keinginan mereka untuk menjalani kehidupan yang lebih mandiri," tutur Ratu Elizabeth.

Ucapan Terima Kasih

Pangeran Harry dan Meghan Markle
Pangeran Harry dan sang istri Meghan Markle membuat keputusan mengejutkan. Pasangan itu mengungkapkan keinginan untuk hidup mandiri dan mundur dari anggota senior kerajaan Inggris. (Files Photo by Daniel LEAL-OLIVAS / AFP)

Meskipun Pangeran Harry dan Meghan Markle sudah mundur dari kerajaan, akan tetapi Ratu Elizabeth II mengaku masih berkomunikasi dengan mereka. "Apa yang akan mereka lakukan selanjutnya tentu akan bergantung pada mereka sendiri, tapi kami masih tetap menjalin kontak dengan mereka. Kami juga sudah sepakat untuk mendiskusikan apa yang bisa kami lakukan untuk mendukung mereka. Sudah menjadi harapan seluruh keluarga kami bahwa kesepakatan yang dibuat hari ini akan membuat mereka bisa membangun kehidupan yang bahagia dan tenang," ujarnya.

Pernyataan dari Ratu Elizabeth II pun langsung mendapatkan reaksi dari Harry. Ia pun mengucapkan terima kasih untuk sang nenek. "Aku akan selalu menghormati nenekku, panglima tertinggiku, dan aku sangat berterima kasih padanya dan seluruh keluargaku," ujar Harry, dilansir dari eonline, Senin (20/1/2020).

Saksikan Video Menarik Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓